Malangtimes

Dengan Aplikasi Mobile JKN, Peserta BPJS Kesehatan Tidak Perlu Antre untuk Dapatkan Layanan Kesehatan

Sep 30, 2022 13:55
Ilustrasi tampilan Aplikasi Mobile JKN terbaru yang dapat di akses oleh seluruh peserta BPJS Kesehatan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tampilan Aplikasi Mobile JKN terbaru yang dapat di akses oleh seluruh peserta BPJS Kesehatan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus memaksimalkan layanan bagi seluruh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu dengan inovasi layanan Aplikasi Mobile JKN

Lahirnya inovasi layanan Aplikasi Mobile JKN ini juga sebagai upaya dari BPJS Kesehatan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi di era digital pada kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Aplikasi Mobile JKN kini telah diakui banyak memberikan kemudahan bagi peserta Program JKN. Salah satu peserta Program JKN yakni Sherli Permatasari Dewi (18) yang terdaftar sejak tahun 2017 mengaku kerap memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN.

"Saya sering menggunakan Aplikasi Mobile JKN, banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dengan mudah," ungkap Sherli. 

Pelayanan digital yang bisa didapatkan melalui Aplikasi Mobile JKN tersebut diakui lebih efisien. Seperti halnya dalam perubahan data, peserta Program JKN lebih memilih untuk melakukan perubahan data kepesertaan melalui Aplikasi Mobile JKN daripada harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. 

Menurut Sherli, hal tersebut membuatnya tidak kehilangan waktunya dalam bekerja lantaran tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan. "Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu dan sangat simple. Saya pernah mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama saya melalui aplikasi Mobile JKN, tidak perlu antre di Kantor BPJS Kesehatan," jelas Sherli.

Dirinya juga menceritakan pengalamannya dalam melakukan pendaftaran antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN. Adanya fitur pendaftaran pelayanan atau antrean tersebut membuat peserta Program JKN tidak perlu menunggu antrean pelayanan kesehatan terlalu lama, peserta JKN cukup memantau sisa antrean pada Aplikasi Mobile JKN dan datang mendekati waktu pelayanan.

"Saya dan keluarga beberapa kali menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk berobat. Saat melakukan pengambilan nomor antrean di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama kami biasanya lewat Aplikasi Mobile JKN," ujar Sherli.

Terakhir, Sherli mengapresiasi atas upaya BPJS Kesehatan yang terus memberikan kemudahan akses pelayanan terhadap peserta Program JKN, salah satunya dengan optimalisasi pelayanan digital.

Ia berharap penduduk Indonesia turut mengawal keberlangsungan Program JKN dengan semangat gotong royong patuh dalam pembayaran iuran.

"Terima kasih BPJS Kesehatan atas kemudahan dan pelayanan terbaik yang diberikan. Saya berharap peserta JKN tepat waktu dalam membayar iuran, agar Program JKN tetap ada," pungkas Sherli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru