Malangtimes

FE UIN Malang Sandang Rekor Publikasi Ilmiah Tertinggi di UIN Malang

Sep 26, 2022 22:09
Mahasiswa FE UIN Maliki Malang (Ist)
Mahasiswa FE UIN Maliki Malang (Ist)

JATIMTIMES - Capaian membanggakan diukir mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Selain menelurkan wisudawan berkualitas, dimana 73 persen cumlaude pada wisuda semester ganjil 2022/2023, FE UIN Malang juga menjadi fakultas dengan publikasi ilmiah tertinggi.

Penelitian mahasiswa FE UIN Malang berhasil terpublikasi pada jurnal nasional dan internasional. Prestasi ini menjadi rekor publikasi mahasiswa terbanyak di UIN Malang.

Sebanyak 140 penelitian mahasiswa yang terdiri 68 penelitian mahasiswa Manajemen, 36 penelitian dari mahasiswa Akuntansi, dan 36 dari mahasiswa Perbankan Syariah, dapat terpublish di Jurnal Sinta (Sinta 1-6) dan 11 Jurnal Internasional, 6 dari mahasiswa Manajemen dan 5 dari Perbankan Syariah).

Dekan Dr H Misbahul Munir Lc MEi menyampaikan, capaian publikasi FE ini tentunya menjadi sebuah kontribusi positif dalam meningkatkan reputasi perguruan tinggi sebagai kampus unggul bereputasi internasional.

Untuk itu, upaya-upaya strategis terus digodok dan dilakukan FE UIN Maliki Malang dalam mendorong peningkatan signifikan pada penelitian mahasiswa yang terpublikasi di jurnal nasional maupun internasional.

"FE sedang menggodok kebijakan afirmasi, agar semester mendatang jumlah penelitian mahasiswa yang terpublikasi di jurnal nasional maupun internasional semakin banyak. Ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi UIN Malang di kancah nasional maupun internasional," ungkapnya.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Prof Dr H Siswanto SE MM, menambahkan, kedepan, kebijakan supporting pendanaan jurnal bagi penelitian mahasiswa hanya diberikan pada jurnal Sinta 1 sampai 4.

"Untuk publikasi penelitian mahasiswa pada jurnal sinta 5 dan 6 ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Upaya ini dilakukan agar kualitas penelitian mahasiswa semakin baik," jelasnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr Indah Yuliana SE MM, capaian prestasi penelitian mahasiswa ini, tentunya juga tak lepas dari peran serta berbagai pihak pada masing-masing prodi. Selain itu, juga didukung dengan sejumlah fasilitas atau sarana pendukung yang ada di FE UIN Maliki Malang.

"Harapannya, prestasi ini tidak hanya bertahan tetapi dapat ditingkatkan secara kuantitas maupun kualitas," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru