Malangtimes

Pendampingan Penyusunan E-modul Kolaboratif Berbasis Digital Flipbook untuk Guru SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 Malang

Sep 26, 2022 19:17

JATIMTIMES - Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi, selain pengajaran dan penelitian.

Program SMK Pusat Keunggulan telah mulai tahun 2021 untuk sekolah kejuruan yang ada di Indonesia. SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

pendampingan-penyusunan-e-modul-16948afaecfe2aab0.jpg

SMK Negeri 2 Malang merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan program SMK PK. Namun, belum memiliki modul kolaborasi antar mata pelajaran. SMK Negeri 2 Malang juga sudah memiliki Learning Management Module (LMS) dalam bentuk MClass, tetapi belum maksimal dalam pemanfaatannya.

Hal inilah yang menjadi salah satu dasar terlaksananya program kemitraan masyarakat dalam bentuk pendampingan penyusunan e-modul kolaboratif berbasis digital untuk guru di SMK Negeri 2 Malang. Kegiatan PKM ini mendapat dukungan dari Kepala SMK Negeri 2 Malang, yaitu Drs. Hari Mulyono, MT, dengan harapan kegiatan ini mampu meningkatkan komptensi guru.

pendampingan-penyusunan-e-modul-2a4cf3e9232817073.jpg

Kegiatan ini merupakan rangkaian Panjang dari PKM yang telah dilaksanakan mulai bulan Juli 2022 hingga September 2022. Kegiatan PKM yang diketuai oleh Tri Candra Wulandari, M.Pd yang merupakan salah satu dari dosen Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang (UNISMA). PKM ini merupakan salah satu program kementerian melalui hibah DRPM tahun 2022.

Kegiatan pendampingan ini dimulai dengan melakukan persamaan persepsi dengan guru untuk menentukan materi yang sesuai di setiap fase, kemudian pelaksanaan workshop e-modul yang dilanjutkan dengan identifikasi masalah dari masing-masing mata pelajaran produktif untuk menentukan mata pelajaran terkait yang dapat dikolaborasikan dalam modul bahan ajar untuk siswa dan guru.

Menurut Bu Can, sapaan dari ketua tim PKM, menyatakan bahwa taget kegiatan PKM ini adalah mengahasilkan e-modul berbentuk flipbook, yang akan di insertkan pada LMS MClass. Emodul kolaborasi yang dihasilkan, dua diantaranya adalah e-modul kolaborasi mata pelajaran Informatika TKJ dengan Matematika, e-modul matematika berkarakteristik TKJ.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru