Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Mengenal Tardigrades atau Beruang Laut, Hewan yang Dikenal Susah Mati

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Sep - 2022, 06:38

Tardigrades, hewan yang bisa hidup di tempat ekstrem dan bisa hidup tanpa makan dan minum selama 30 tahun. (foto dari internet)
Tardigrades, hewan yang bisa hidup di tempat ekstrem dan bisa hidup tanpa makan dan minum selama 30 tahun. (foto dari internet)

JATIMTIMES - Tardigrades atau beruang laut adalah hewan mikroskopis berkaki delapan yang yang telah pergi ke luar angkasa. Hewan ekstremofil ini dikenal sebagai makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di tempat yang kebanyakan makhluk hidup  tidak bisa hidup. 

Tardigrades ini hewan yang bisa bertahan hidup dengan baik. Bahkan saat pergi ke luar angkasa, hewan ini mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Selain mampu bertahan hidup dengan baik, tardigrades juga dikenal sebagai hewan yang susah mati. Bahkan mereka dapat hidup di tempat yang sangat ekstrim seperti di suhu terpanas dan terdingin di Bumi. Selain itu, tardigrades juga mampu hidup tanpa air dan makanan selama 30 tahun serta kebal akan radiasi.

Para peneliti menemukan bahwa tardigrades bisa tahan di suhu minus 200 celcius atau lebih dari 148,9.  

Meski dijuluki sebagai beruang laut, tardigrades bisa ditemukan di mana saja karena kemampuan bertahan hidupnya.

Tangguhnya tardigrades disebabkan protein unik di dalam tubuhnya yang disebut dsup (damage suppressor) yang melindungi DNA dari kerusakan seperti radiasi dan yang lainnya.  

Selain bertahan hidupnya yang luar biasa, tardigrades juga memiliki tubuh yang unik dan lucu. Dia memiliki tubuh yang gendut seperti ulat jengkal.

Tardigrades juga memiliki kaki berjumlah delapan yang jika dilihat secara sekilas hewan ini mirip dengan kaki seribu.

Nah itu dia tardigrades, hewan kecil yang susah mati. Bagaimana tanggapan kalian?


Topik

Serba-Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni