Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Laga Arema Vs Persebaya, Polres Malang Bakal Tindak Tegas Pelaku Provokator di Medsos

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

23 - Sep - 2022, 10:11

Ilustrasi pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya. (Foto : Dokumen Jatim TIMES)
Ilustrasi pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya. (Foto : Dokumen Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Sederet persiapan telah dilakukan Polres Malang jelang laga big match yang mempertemukan Arema FC melawan Persebaya Surabaya. Salah satunya dengan melakukan patroli di dunia maya.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, melalui Kasi Humas IPTU Ahmad Taufik menyebut, patroli di media sosial (medsos) tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya pemberitaan hoax yang dapat memicu provokasi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya suporter Arema, untuk tidak percaya begitu saja terhadap narasi maupun video yang bermuatan provokasi di media sosial," kata Taufik.

Selain itu, Taufik juga menyarankan apabila ada masyarakat khususnya Aremania yang mendapati adanya postingan berisi ujaran kebencian, untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

Nantinya, jika memang ada yang terang-terangan kedapatan menyebarkan hoax atau ujaran kebencian yang memantik provokasi, Polres Malang akan menindak tegas sesuai ketetapan hukum yang berlaku.

"Kami (Polres Malang) akan melakukan tindakan tegas kepada para provokator yang menyebar isu hoax," tegasnya.

Sebagai gantinya, Taufik berharap kepada masyarakat termasuk pendukung Arema FC, untuk bersinergi dengan Polres Malang dalam menangkal pemberitaan hoax di media sosial. Salah satunya dengan cara menghapus postingan dan tidak turut serta menyebarkan video atau pemberitaan yang bermuatan provokasi di media sosial.

"Jangan turut serta dalam menyebarkan video atau konten bermuatan ujaran provokasi. Jika memang ada yang mendapatkan informasi seperti itu, lebih baik segera dihapus dan jangan disebarkan," ungkap Taufik.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan guna mengantisipasi adanya cyber war antar dua belah pihak suporter. Yakni Aremania dan Bonek Mania. 

"Tidak hanya tertib waktu menonton di stadion, tapi cyber war dengan suporter tim lawan di media sosial juga harus dihindari," jelasnya.

Dengan begitu, lanjut Taufik, pertandingan antara tim berjuluk Singo Edan dan Bajul Ijo ini bisa berjalan dengan aman dan tertib. 

"Mari bersama-sama mewujudkan Kabupaten Malang yang aman dan kondusif," pungkasnya.

Sekadar informasi, Sabtu (1/10/2022) Persebaya Surabaya akan bertamu ke markas Arema FC pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023. Dalam laga bertajuk Derbi Jawa Timur ini diagendakan bakal diselenggarakan di kandang Arema FC yakni di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada pukul 20.00 WIB.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri