Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Neraka Memiliki 7 Pintu Gerbang, Ini Nama-namanya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

16 - Sep - 2022, 09:11

Ilustrasi pintu gerbang neraka (depositphotos)
Ilustrasi pintu gerbang neraka (depositphotos)

JATIMTIMES - Manusia yang mendustai Allah, tentu akan mendapatkan balasan siksa pedih di neraka. Neraka sendiri diketahui memiliki tujuh pintu gerbang. Hal itu telah ditegaskan Allah SWT di dalam Alquran. 

Diolah dari mawdoo3 dan Islam Pos, pintu-pintu neraka tersebut, masing-masing dihuni oleh mereka para pendosa yang tersesat dan para pengikut setan.

“Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka." (QS Al-Hijr Ayat 43-44).

Ali bin Abi Thalib mengatakan, tujuh gerbang tersebut berada di atas satu sama lain. Artinya ada pintu pertama, kedua, ketiga, keempat, dan sampai ketujuh. Semua gerbang neraka itu akan semua terisi.

Gerbang neraka itupun akan terbuka dengan cepat saat orang-orang pendosa tiba didepan gerbang neraka. Hal itu terjadi agar para pendosa BB tersebut segera mendapatkan hukuman. 

Mengenai nama, di dalam Al-Qur'an tidak ada mas yang secara jelas dan eksplisit menyebutkan nama-nama pada tujuh gerbang neraka itu. Namun, beberapa sahabat Rasul menjelaskan nama-nama dari tujuh pintu neraka.

Dalam riwayat dari Abdullah bin Abbas, disebutkan, bahwa tujuh gerbang neraka ini bernama jahanam, As-Sa'ir, Ladha, Al-Hatimah, Saqr, Al-Jahim, dan Al-Hawiyah. Wallahualam Bissawab.

 


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya