Neraka Memiliki 7 Pintu Gerbang, Ini Nama-namanya

Sep 16, 2022 09:11
Ilustrasi pintu gerbang neraka (depositphotos)
Ilustrasi pintu gerbang neraka (depositphotos)

JATIMTIMES - Manusia yang mendustai Allah, tentu akan mendapatkan balasan siksa pedih di neraka. Neraka sendiri diketahui memiliki tujuh pintu gerbang. Hal itu telah ditegaskan Allah SWT di dalam Alquran. 

Diolah dari mawdoo3 dan Islam Pos, pintu-pintu neraka tersebut, masing-masing dihuni oleh mereka para pendosa yang tersesat dan para pengikut setan.

“Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka." (QS Al-Hijr Ayat 43-44).

Ali bin Abi Thalib mengatakan, tujuh gerbang tersebut berada di atas satu sama lain. Artinya ada pintu pertama, kedua, ketiga, keempat, dan sampai ketujuh. Semua gerbang neraka itu akan semua terisi.

Gerbang neraka itupun akan terbuka dengan cepat saat orang-orang pendosa tiba didepan gerbang neraka. Hal itu terjadi agar para pendosa BB tersebut segera mendapatkan hukuman. 

Mengenai nama, di dalam Al-Qur'an tidak ada mas yang secara jelas dan eksplisit menyebutkan nama-nama pada tujuh gerbang neraka itu. Namun, beberapa sahabat Rasul menjelaskan nama-nama dari tujuh pintu neraka.

Dalam riwayat dari Abdullah bin Abbas, disebutkan, bahwa tujuh gerbang neraka ini bernama jahanam, As-Sa'ir, Ladha, Al-Hatimah, Saqr, Al-Jahim, dan Al-Hawiyah. Wallahualam Bissawab.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru