5 Suporter Sepak Bola Paling Ditakuti di Dunia

Sep 14, 2022 08:18
5 suporter ini paling ditakutu di dunia karena aksinya yang brutal dan tidak manusiawi (foto dari Pixabay)
5 suporter ini paling ditakutu di dunia karena aksinya yang brutal dan tidak manusiawi (foto dari Pixabay)

JATIMTIMES - Pertandingan sepak bola paling identik dengan suporter yang berjejer di tribun sembari menyanyikan yel-yel untuk menyemangati tim sepak bola yang mereka dukung.

Hal itu bertujuan agar tim yang mereka dukung menjadi lebih semangat dan bisa bermain secara maksimal di lapangan.

Namun, terkadang ketika tim yang didukung kalah, suporter akan mulai memanas karena keadaan yang tidak mereka inginkan.

Dikutip dari Instagram @toplist.id dan @apajadibagi, ada 5 suporter yang paling ditakuti di dunia. Suporter sepak bola ini tidak segan-segan melakukan kekerasan bahkan membunuh saat tim idolanya kalah. Wah ngeri banget ya, kira-kira dari negara mana saja dan suporter sepak bola apa saja ya mereka? Yuk intip penjelasannya berikut ini.

Ultras Red Star Belgrade

Kota Belgrade akan menjadi kota perang saat Red Star Belgrade menghadapi saingannya, Partizan. Mereka selalu melakukan kekerasan dan tidak peduli apa yang dipertaruhkan. Bahkan, mereka dilaporkan terlibat dalam perang kemerdekaan tahun 90-an di Eropa.

Ultras Milwall

Fans Milwall dianggap salah satu 'penyakit' sosial di Inggris. Ultras ini terlibat kekerasan dan hooligalisme sepak bola sejak tahun 70-an dan 80-an. Yang paling parah terjadi pada 1985 ketika kekerasan meletus setelah kekalahan 1-0 melawan Luton Town.

Ultras Lazio

Lazio dan AS Roma dikenal sebagai yang paling keras di Italia. Namun, Lazio jauh melampaui rival sekota mereka. Bahkan, desas desus melaporkan ultras Lazio punya koneksi dengan militer. Bahkan, mantan diktator Benito Mussolini dilaporkan mendukung klub tersebut.

Ultras Al-Masry

Klub Al-Marsy yang berbasis di Port Said, dikenal karena ultrasnya yang keras dan ganas. Mereka pernah terlibat dalam kekacauan dengan suporter Al Ahli pada 2012, yang menewaskan 31 orang. Di duga terdapat unsur politik pada pertempuran tersebut.

Ultras Galatasaray

Ultras Galatasaray juga dikenal sebagai Ultras Aslan dan memegang rekor sebagai penggemar paling ganas di dunia. Spanduk yang paling populer mereka berbunyi 'selamat datang di Neraka' dan suasananya benar- benar mengerikan bagi tim tamu.

Wah kalau suporternya kayak diatas, idolanya pun akan takut ya temen-temen. Menurut saya, mendukung atau suka pada sesuatu jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai membunuh satu sama lain. Menjadi suporter tidak lain untuk mendukung dan memberikan semangat pada idola, itu saja sudah cukup menurut saya. 

Nah itu dia 5 suporter sepak bola yang paling ditakuti di dunia, gimana gak takut, kalau aksi mereka sebrutal itu. Gimana nih menurut kalian?

Untuk diketahui, Ultras merupakan sebutan bagi kelompok suporter sepak bola yang cenderung fanatisme dan ekstremisme dalam memberikan dukungan bagi klub sepak bola tertentu. Karena fanatisme terhadap dukungan klub yang didukung, terkadang mereka melakukan tindakan yang melanggar hukum. 

Ultras juga dapat disebut dengan hooligan, akan tetapi istilah ini lebih dekat ke budaya sepak bola Inggris. Kelompok suporter ultras tidak seperti pendukung biasa. Mereka terorganisir dan memiliki ikatan setiap anggotanya, baik itu latar belakang ekonomi, budaya, agama dan ideologi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru