Sebut Pertamina Kepanjangan dari Pertahun Minyak Naik, Pelawak Bagio Tuai Pujian Warganet

Sep 12, 2022 10:18
Pelawak legendaris Bagio saat membawakan materi lawak yang membahas soal kepanjangan Pertamina adalah Pertahun Minyak Naik. (Foto : akun instagram @mahasiswamuslim)
Pelawak legendaris Bagio saat membawakan materi lawak yang membahas soal kepanjangan Pertamina adalah Pertahun Minyak Naik. (Foto : akun instagram @mahasiswamuslim)

JATIMTIMES- Salah satu pelawak legendaris Indonesia Almarhum Bagio kembali mencuri perhatian publik. Pasalnya, di masa hidupnya pelawak kelahiran 3 maret 1933 itu sempat membawakan materi lawakan yang menyinggung soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kebetulan sedang Booming saat ini.

Pada ungahan video yang diposting chanel Agus Bonthot19 di kanal YouTube-nya, Bagio yang saat itu berduet dengan Kholiq menyebut jika kepanjangan dari Pertamina adalah Pertahun Minyak Naik.

Materi lawakan yang kala itu sukses membuat penonton tertawa, diawali dengan pertanyaan Kholiq yang menanyakan tentang siapa pemilik Pertamina.

"Samean eroh Pertamina? , seng nduwe sopo?. Seng nduwe wong wedok. (Kamu tahu Pertamina?, yang punya siapa?, Yang punya seorang perempuan)," kata Kholiq yang kemudian di timpali Bagio "Kok iso?. (kok bisa yang punya Pertamina perempuan)," tanya Bagio.

Kholiq pun menjelaskan dengan menyebut jika Pertamina berasal dari dua suku kata. Yakni Perta dan Mina. "Perta ; Pertahanan, Mina ; jeneng'e wong wedok. (Nama seorang perempuan)," jelas Kholiq.

"Tumon Pertadiman, Pertadikun, yo gak enek. (Memang kamu pernah tahu kalau ada Pertadiman, Pertadikun, tidak ada kan)," timpal Kholiq.

Mendapat ejekan tersebut Bagio lantas berdalih jika kepanjangan dari Pertamina bukanlah Pertahanan Mina. Melainkan Pertahun (harga, red) Minyak Naik.

"Pertamina, nek dari pengalamanku ora ngono. Pertamina pertahun minyak naik. (Kalau dari pengalaman saya, Pertamina adalah kepanjangan dari Pertahun Minyak Naik)," terang Bagio yang kemudian disaut gelak tawa penonton.

Walaupun sukses mendapat apresiasi tepuk tangan dan tawa dari penonton, namun dalam cuplikan video tersebut Bagio juga beralasan jika minyak tidak akan pernah bisa diproduksi jika tidak ada kaum adam alias laki-laki.

"Masio seng nduwe lengo wong wedok, nek seng ngebor gak wong lanang hayoo. Nek gak di bor wong lanang opo iso metu. (Meskipun yang punya minyak wanita, tapi kalau yang mengebor minyak bukan laki-laki apa bisa keluar minyak)," timpal Bagio dengan candaan satir yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Sontak saja, kepanjangan dari Pertamina versi Bagio tersebut kembali viral di jagat maya. Sebab, warganet banyak yang menyebut jika materi yang dibawakan oleh pelawak legendaris tersebut realed dengan kejadian belakangan ini. Yakni harga BBM yang mengalami penyesuaian harga berkali-kali.

"Lho... Lagi reti dr pak bagiyo. (Lho, baru tahu kalau kepanjangan Pertamina adalah Pertahun Minyak Naik dari pak Bagio)," tulis akun si_gembelelite96 pada postingan akun instagram @mahasiswamuslim yang menyadur ulang lawakan Bagio tersebut.

Hingga saat ini lawakan dari Bagio tersebut sudah mendapat banyak komentar dari warganet. Bahkan ada yang menyebut jika harga minyak naik tidak hanya dalam rentang waktu tahunan, melainkan bulanan.

"Bukan per tahun min. (Tapi, red) Per bulan naik," tulis akun bernama lisna_amalia19 di kolom komentar dalam postingan yang sama yakni di akun instagram @mahasiswamuslim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru