Enam Pernikahan Termahal di Dunia, Tiga Nama dari Keturunan Ratu Elizabeth II

Sep 09, 2022 14:55
Ilustrasi pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 29 Juli 1981 silam. (Foto: Dok. Istimewa)
Ilustrasi pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 29 Juli 1981 silam. (Foto: Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Tahukah anda, tercatat dalam sejarah abad ke-19 hingga ke-20, terdapat enam pernikahan dengan biaya termahal di dunia. Informasi tersebut tertuang dalam dua video yang diunggah pada akun TikTok @fahrialbaihaqi.

Di mana dari enam pernikahan yang ada, tercatat tiga pasangan merupakan keturunan dari Ratu Elizabeth II penguasa Britania Raya selama 70 tahun yang baru saja meninggal dunia di usia ke-96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

1. Pangeran Charles dan Putri Diana

Pangeran Charles yang memiliki nama lengkap Charles Philip Arthur George pada saat berusia 33 tahun menikahi Putri Diana yang memiliki nama lengkap Diana Frances Spencer di usia 20 tahun pada 29 Juli 1981 di Gereja Katedral St Paul.

Setidaknya tercatat, pernikahan Pangeral Charles dengan Putri Diana pada saat itu menghabiskan biaya USD 48 juta yang jika diinflasikan pada tahun 2022 ini menjadi USD 110 juta atau setara dengan Rp 1.570 triliun.

Di mana pernikahan kedua mempelai disaksikan oleh 3.500 orang dan disiarkan ke 750 juta pemirsa televisi dari seluruh dunia. Selain itu, gaun pengantin yang digunakan Diana tersemat 10 ribu mutiara.

Dari pernikahan tersebut, lahirlah dua buah hati yakni Pangeran William atau William Arthur Philip Louis pada 21 Juni 1982 dan Pangeran Harry atau Henry Charles Albert David pada 15 September 1984. Namun, pernikahan Charles dan Diana hanya berumur 15 tahun yang berakhir dengan perceraian pada 28 Agustus 1996.

Setahun setelahnya tepatnya pada 31 Agustus 1997, Diana meninggal dunia akibat kecelakaan bersama pengusaha asal Mesir Dodi Al-Fayed. Di mana kendaraan limusin yang dikendarai yakni Mercedes-Benz S-280 menabrak pilar ke-13 Jembatan Pont d'Alma yang melintasi Sungai Seine, Paris.

Amith Bhatia

2. Amith Bhatia dan Vanisha Mittal

Amit Bhatia merupakan pengusaha perbankan asal London keturunan India yang menikahi seorang perempuan bernama Vanisha Mittal yang merupakan putri tunggal dari pengusaha baja terbesar di dunia serta orang terkaya kelima di India yakni Lakshmi Mittal pada tahun 2004 silam.

Pernikahan keduanya menggunakan adat dan budaya India serta dikombinasikan dengan pesta ala Barat. Pesta pernikahan keduanya diadakan di sebuah rumah persitirahatan mewah Vaux le Vicomte, Paris, Prancis yang dibangun pada tahun 1658.

Bangunan rumah mewah tersebut dirancang dan dibangun oleh Nicholas Fouquet. Dia adalah Menteri Keuangan pada pemerintahan Raja Louis ke-XIV. Di mana Raja itu merupakan Raja Prancis yang terkenal dengan ucapannya: "L`Etat, c`est moi!"

Setidaknya sekitar 1000 undangan telah disiapkan tiket pesawat dan tempat menginap di Hotel le Grand Intercontinental. Tidak lupa, kedua mempelai juga menyediakan kereta kuda dan feri untuk membawa para tamu kemana saja.

Selain itu, juga dihadirkan aktris Internasional asal Australia yakni Kylie Minogue yang dibayar USD 330 ribu atau sekitar Rp 4,5 miliar. Dalam pesta itu juga terdapat peluncuran kembang api dari Menara Eiffel. Setidaknya total keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk pesta pernikahan ini sebesar USD 66 juta atau sekitar Rp 943 miliar. Sayangnya, pernikahan keduanya kandas di tahun 2013.

Pangeran Harry

3. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Henry Charles Albert David atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Harry menikahi seorang perempuan bernama Meghan Markle pada 19 Mei 2018. Keduanya mengucap sumpah dan bertukar cincin disaksikan langsung oleh Ratu Elizabeth II serta 600 undangan di Kapel St George.

Meghan mengenakan gaun berwarna putih seharga Rp 6,1 miliar. Di mana gaun putih indah tersebut merupakan karya desainer Inggris Clare Wright.

Setelah mengucap sumpah, keduanya menuju tempat resepsi menaiki Mobil Jaguar berwarna biru-perak buatan tahun 1968 yang sudah diubah menjadi kendaraan listrik. Tampak plat nomor kendaraan sesuai dengan tanggal pernikahan keduanya yakni E190518.

Sederet artis dan musisi turut hadir sebagai tamu undangan pernikahan keduanya. Di antaranya Oprah Winfrey, George dan Amal Clooney, David dan Victoria Beckham, serta Sir Elton John yang tampil dalam pesta pernikahan keduanya. Setidaknya biaya total yang dikeluarkan untuk pernikahan kedua mempelai mencapai USD 55 juta atau sekitar Rp 784 miliar.

Pangeran Williams

4. Pangeran Williams dan Kate Middleton

Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Williams menikahi seorang perempuan bernama Kate Middleton pada 29 April 2011 di Westminster Abbey, London, Inggris yang disiarkan secara langsung di seluruh dunia.

Kate Middleton menggunakan gaun mewah karya desainer Sarah Burton dari Alexander McQueen. Lalu Kate juga mengenakan cincin pernikahan mewah seharga USD 136 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar. Sedangkan Pangeran Williams menggunakan tunik merah dari petugas pengawal Irlandia.

Pasangan tersebut mengundang 1.900 tamu dengan tambahan satu juta penonton lainnya di jalanan London, serta jutaan orang di dunia.

Beberapa tokoh pun diundang, di antaranya Elton John, David dan Victoria Beckham, serta masih banyak lagi selebritas yang merupakan teman dan kerabat dari pasangan tersebut.

Kedua mempelai juga mengikuti tradisi keluarga kerajaan dengan melakukan perjalanan dari Westminster Abbey ke Istana Buckingham menggunakan kereta kuda State Landau yang pada tahun 2011 berusia sekitar 109 tahun. Selain itu, kereta ini juga digunakan dalam pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada tahun 1981.

Kemudian, resepsi pernikahan kedua mempelai dihadari 650 orang pada sore harinya dipimpin oleh Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles juga mengadakan pesta dansa makan malam yang dihadiri 300 orang. Setidaknya biaya yang dikeluarkan dalam pernikahan kedua mempelai mencapai USD 34 juta atau sekitar Rp 486 miliar. Biaya terbesar terletak pada biaya pengamanan sebesar Rp 376,2 miliar dan bunga sebesar Rp 9,4 miliar.

Kim Kardashian

5. Kim Kardashian dan Kris Humphries

Kimberley Noel Kardashian atau Kim Kardashian menikah dengan pemain bola basket NBA dari New Jersey Nets, Kris Nathan Humphries atau Kris Humphries pada 20 Agustus 2011 di Montecito, California, Amerika Serikat. Upacara tersebut dihadiri oleh 440 tamu dari kalangan keluarga dan teman.  

Kim Kardashian melangkah menggenggam buket mawar putih dengan mengenakan gaun berwarna putih gading karya desainer profesional Vera Wang. Sedangkan Kris Humphries mengenakan setelan karya desainer Ermenegildo Zegna yang terdiri dari tuksedo, jas putih, dan dasi.

Kemudian, keduanya bertukar cincin kawin yang merupakan buatan Lorraine Schwartz, perancang cincin tunangan Kim Kardashian dengan Kris Humphries. Setidaknya biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan keduanya mencapai USD 10 juta atau sekitar Rp 142,5 miliar. Sayangnya, pernikahan keduanya hanya bertahan selama 72 hari.

Michael Jordan

6. Michael Jordan dan Yvette Prieto

Pemain bola basket legenda dunia Michael Jordan menikahi seorang model asal Kuba bernama Yvette Prieto pada 27 April 2013 di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat. Ini merupakan pernikahan kedua Jordan, setelah sebelumnya ia menikah dengan istri pertama Juanita Vanoy dan kemudian cerai.

Untuk diketahui Prieto merupakan kekasih lama Jordan. Keduanya pun sebelumnya juga telah melangsungkan pertunangan pada Desember 2011 silam.

Kemudian, sekitar 500 tamu undangan diantar dengan bus wisata ke Gereja Episcopal bernama Bethesda-by-the Sea. Di mana tempat tersebut merupakan tempat yang sama ketika triliuner Donald Trump menikah dengan Melania pada 2005.

Jordan, yang merupakan legenda basket dunia dan mantan pemain klub Chicago Bulls, juga mengundang 1.500 tamu lainnya untuk resepsi di Bears Club, lahan main golf rancangan Jack Nicklaus di Jupiter, Florida. Di mana Jordan juga baru saja membangun rumah seluas 38.000 kaki persegi.

Setidaknya, di pernikahan kedua mempelai, biaya yang dikeluarkan sekitar USD 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar. Pernikahan keduanya merupakan salah satu dari deretan pernikahan dengan biaya termahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru