Ini Dia 3 Jenis Makanan dan Minuman Jin

Sep 06, 2022 07:44
Ilustrasi makanan dan minuman jin (pixabay)
Ilustrasi makanan dan minuman jin (pixabay)

JATIMTIMES - Jin dan manusia sama-sama merupakan mahluk ciptaan Allah. Sama halnya dengan manusia, ternyata jin juga memiliki kebutuhan untuk makan dan minum. 

Lantas, apa saja makanan dan minuman jin? Mari simak informasi ini yang diolah dari Islam Pos.

Jin banyak mendapatkan dari para manusia yang lalai kepada Allah. Jin sangat menyukai tempat yang kumuh, kotor dan berbau tidak sedap. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan malaikat yang menyukai wewangian. 

Dijelaskan dari berbagai riwayat, jika makanan dan minuman jin terdapat 3 jenis.  Pertama, tulang dan kotoran. Tulang dan kotoran merupakan salah satu makanan kesukaan setan.

Rasulullah SAW bersabda, "Tulang dan kotoran merupakan makanan Jin. Keduanya termasuk makanan Jin. Aku pernah didatangi rombongan utusan jin dari daerah Nashibin dan mereka adalah sebaik-baik Jin. Mereka meminta bekal kepadaku. Lalu aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar setiap kali mereka melewati tulang dan kotoran, mereka mendapatkan makanan padanya,"(HR Al-Bukhari 3860)

Kemudian, dalam riwayat lain, dari Hadits Riwayat At Tirmidzi, "Janganlah kalian beristinja’ (membersihkan kotoran pada dubur) dengan kotoran dan jangan pula dengan tulang karena keduanya merupakan bekal bagi saudara kalian dari kalangan jin".

Kedua adalah makanan yang tidak disebut nama Allah. Abdullah bin Abbas menyampaikan, jika Rasulullah SAW bersabda tentang iblis yang berdoa dan mempertanyakan rezekinya. 

 "Dahulu Iblis pernah berdoa: Wahai Tuhanku, Tidaklah salah seorang dari makhluk-Mu (yaitu manusia) kecuali telah engkau tentukan rezekinya, dan juga mata pencahariannya. Lalu apa yang menjadi rezeki saya Ya Robb? Maka Allah pun menjawab: "Setiap rezeki yang tidak disebut namaku ketika dimakan manusia." (HR Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya (8/126).

Kemudian dari Hadits lain dari Jabir bin Abdillah RA, Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian memasuki rumahnya, lalu ia berdzikir pada Allah ketika memasukinya dan ketika hendak makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), "Sungguh kalian tidak mendapat tempat bermalam dan tidak mendapat makan malam."

Saat makan, ketika seseorang tidak menyebutkan nama Allah, setan atau jin pun menyampaikan kepada para jin lainnya. Jin akan berkata dan menyampaikan kepada jin lain, bahwa telah mendapatkan makanan dan tempat tinggal.

"Kalian akhirnya mendapat tempat bermalam dan makan malam" (HR Muslim 2018).

Yang ketiga adalah Khamr. Khamr merupakan minuman setan. Hal ini disebutkan oleh Ibnul Qayyim. Seperti diketahui Khamr merupakan minuman yang memabukkan dan menjadi kesukaan dari setan. 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan" (QS Surah Al Maidah ayat 90).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru