Cara Menghindar dari Dosa yang Sama, Buya Yahya Sampaikan Ini

Sep 03, 2022 13:40
Cara menghindari dosa yang sama Buya Yahya (foto hasil screenshot instagram @Buyayahya_albahjah)
Cara menghindari dosa yang sama Buya Yahya (foto hasil screenshot instagram @Buyayahya_albahjah)

JATIMTIMES - Manusia adalah insan yang tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan.

Terkadang, dosa yang pernah kita lakukan secara sadar maupun tidak sadar terus terulang.

Kita sadar akan sebuah kesalahan yang kita lakukan dan seketika itu kita bertaubat, namun kepeleset lagi.

Dikutip dari Instagram @buyayahya_albahkah, pernah ada sahabat yang mengadu ke Rasulullah SAW "ya Rasulullah, kalau saya berdosa kemudian bertaubat atas dasar penyesalan, benar atau salah?"

Kemudian Rasulullah menjawab, “jika penyesalan tersebut adalah penyesalan yang sungguh-sungguh dan taubat tersebut adalah taubat yang sungguh-sungguh maka diampuni dosa tersebut oleh Allah SWT.”

Kemudian, taubat selanjutnya yang diampuni oleh Allah adalah taubat yang benar. Lalu, seseorang itu melakukan dosa yang sama seperti sebelumnya, apakah masih diampuni?

Buya menjawab, diampuni dosamu jika kamu bertaubat dengan benar dan bersungguh-sungguh.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bertaubat meski melakukan dosa yang sama secara berulang-ulang. Kuncinya hanya serius dalam bertaubat.

Kemudian, cara untuk tidak melakukan dosa yang sama secara berulang-ulang juga turut disampaikan oleh Buya Yahya, yakni dengan istiqomah dalam taubat yang sudah dilakukan.

"Kuncinya istiqomah terus dengan taubat yang sedang kamu lakukan," jelas Buya.

Lebih lanjut, Buya juga menyampaikan beberapa syarat taubat, yakni menghindar, menyesal, berjanji tidak mengulangi lagi, meninggalkan dosa tersebut.

Selain istiqomah, cara agar terhindar dari dosa yang sama bisa dengan menghindari sebab-sebab kita melakukan dosa tersebut.

Selain itu, menurut Buya niat saja tidak cukup untuk berubah, kalaupun bisa itu berat. Maka harus diikuti dengan hijrah fisik, seperti mencari teman baru yang lebih baik. Karena kemaksiatan lebih sering terjadi ketika kita bersama dengan teman.

"Niat saja tidak cukup, kamu harus melakukan hijrah fisik dengan mencari lingkungan dan teman yang bisa membawa kamu ke arah kebaikan," ucap Buya.

Jadi carilah teman yang baik agar kamu bisa istiqomah dalam hijrah tersebut dan ini merupakan kunci yang paling dahsyat.

Kawanmu, siapa yang bersamamu itu yang akan mendukung dirimu untuk bisa istiqomah dalam hijrah dan taubatmu.

Selain itu, yang paling penting adalah jangan lupa untuk selalu mengadu dan meminta kepada Allah agar bisa terus ditetapkan dalam taubat yang dijalankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru