Awal September, Polres Malang Panen Ungkap Kasus Peredaran Sabu

Sep 03, 2022 12:35
Ilustrasi para tersangka yang terlibat jaringan narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan jajaran kepolisian Polres Malang (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)
Ilustrasi para tersangka yang terlibat jaringan narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan jajaran kepolisian Polres Malang (Foto: Ashaq Lupito / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Petugas gabungan dari jajaran Unit Reskrim Polsek Ngajum dan Polsek Sumberpucung, meringkus seorang tersangka yang kedapatan menyimpan narkoba. Tersangkanya diketahui berinisial S warga Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

"Dari hasil penangkapan, petugas berhasil mengamankan seorang tersangka beserta barang bukti narkoba jenis sabu seberat 0,3 gram," kata Kasihumas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik, Sabtu (3/9/2022).

Barang haram tersebut, lanjut Taufik, disita oleh petugas saat melakukan penggrebekan di kediaman korban yang berlokasi di Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Sementara itu, guna kepentingan penyidikan, masih menurut Taufik, tersangka beserta barang bukti berupa sabu diamankan petugas ke Polsek Sumberpucung.

"Pelaku kami jerat dengan pasal 112 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Sedangkan ancamannya berupa hukuman penjara maksimal 12 tahun," jelasnya.

Diketahui, terungkapnya kasus narkoba jenis sabu ini bermula dari laporan yang diterima polisi. Dari hasil penyelidikan atas adanya laporan tersebut, salah satu tersangka yang terlibat jaringan peredaran sabu mengarah kepada tersangka S.

Tanpa menunggu lama, Jumat (2/9/2022) petugas gabungan Polsek Ngajum dan Polsek Sumberpucung langsung menggrebek tersangka di kediamannya.

Semula, tersangka 34 tahun itu sempat mengelak jika terlibat dalam jaringan narkoba. Namun setelah dilakukan penggeledahan, korps berseragam coklat ini menemukan barang bukti berupa sabu yang disimpan di rumah tersangka.

"Selain sabu, kami juga menyita seperangkat alat hisab sabu yang diakui oleh tersangka merupakan miliknya. Kasusnya masih terus kami kembangkan guna menangkap jaringan lain yang sementara ini masih berstatus buron," tutur Taufik.

Sekedar informasi, dengan ditangkapnya tersangka S tersebut, menambah sederet runtutan panjang pengungkapan kasus narkoba di Kabupaten Malang.

Terhitung sejak akhir Agustus hingga awal September 2022, Polres Malang telah berhasil meringkus empat orang tersangka dengan barang bukti sekitar empat gram sabu.

"Kami berharap kepada masyarakat agar berperan aktif dalam memberantas peredaran narkoba. Jika merasa ada yang memiliki informasi terkait jaringan narkotika, silahkan langsung laporkan kepada petugas Polres Malang," tukas Kasihumas Polres Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru