Voice of Baceprot Trio Hijab Heavymetal Indonesia Jelajahi Panggung Dunia dengan Semangat Perdamaian

Sep 03, 2022 09:50
Voice of Baceprot ketika tampil di acara Wacken Open Air 2022 di Jerman. (Foto: Instagram @marsyavob)
Voice of Baceprot ketika tampil di acara Wacken Open Air 2022 di Jerman. (Foto: Instagram @marsyavob)

JATIMTIMES - Voice of Baceprot (VoB) band heavymetal yang digawangi tiga gadis berhijab asal Kabupaten Garut, Jawa Barat telah melangsungkan turnya keliling dunia. Setidaknya, panggung di Benua Eropa hingga Benua Asia telah dijajal oleh VoB. 

VoB yang terbentuk pada 14 Februari 2014 ini digawangi oleh Firda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass) dan Eusi Sitti Aisyah (drum). Sebuah band berisikan trio gadis berhijab yang terbentuk ketika ketiganya masih mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatussolihat dengan dibantu guru konseling bernama Ersa Eka Susila Satia. 

Baceprot sendiri berasal dari suku kata bahasa Sunda yang berarti banyak bicara, berisik, atau cerewet. Selain musik yang memang berisik, ketiganya ketika masih duduk di bangku sekolah seringkali melakukan protes jika terdapat hal yang tidak sesuai.

Kiprahnya selama delapan tahun bermusik dengan genre heavy metal ini pun terus mendapatkan respons positif dari berbagai pihak. Pada tahun 2018 lalu, ketika VoB meluncurkan single bertajuk School of Revolution, banyak media nasional bahkan internasional yang menyoroti aksi panggung VoB. 

Karena aksi panggungnya serta penampilan dari ketiga gadis ini yang mengenakan hijab saat manggung, membuat orang langsung kagum dengan aksi panggung VoB. 

Pada akhir tahun 2021, VoB juga memukau mata dunia. Di mana ketika ketiganya tampil berhijab di Rennes, Prancis, sang vokalis Marsya pun berbicara di atas panggung dengan berbahasa Inggris yang fasih, menceritakan ketika dirinya diwawancarai oleh awak media setempat terkait penampilannya yang berhijab. 

"Kebanyakan dari mereka (awak media) menanyakan tentang hijab kepada saya," ujar Marsya dilansir dari video TikTok VoB. 

Ketika ketiganya mengenakan hijab, banyak yang menganggap bahwa hadirnya VoB hanya untuk kegiatan fesyen. Padahal, mereka hadir di berbagai belahan dunia di Benua Eropa untuk bermusik. 

Selain untuk mewujudkan mimpi ketiganya, hadirnya VoB dengan hijab yang menutup aurat ini merupakan sebuah tanda perdamaian, cinta dan kecantikan. 

Setidaknya dengan penampilan yang sama, VoB telah menjajal berbagai panggung di beberapa negara di dunia. Mulai dari Republik Ceko, Belanda, Denmark, Prancis, hingga tampil di perhelatan festival metal dunia di Jerman yakni Wacken Open Air. 

Terbaru, pada akhir 27 Agustus 2022 lalu, VoB menjajal panggung di Montri Studio 6, Bangkok, Thailand. Aksinya pun mendapat respons positif dari para penggemar musik metal di Bangkok. 

Ketika melangsungkan aksinya, sang vokalis sekaligus gitaris yakni Marsya membakar semangat penonton dengan mengajak bernyanyi bersama pada lagu "What's The Holly Noble Today". 

"Stop war (berhenti perang)," teriak Masrya yang dibalas oleh penonton dengan teriakan "We Hate War". Hal itu pun dilakukan berulang-ulang hingga suasana pun pecah pada aksi panggung di Bangkok, Thailand itu. 

Selanjutnya, pada tanggal 24-25 September 2022 mendatang VoB akan menjajal panggung di tanah Jawa tepatnya di panggung JogjaRockarta Festival 2022. VoB pun akan berdampingan dengan berbagai band rock/metal Indonesia. Di antaranya, Burgerkill, Dead Squad, Superman Is Dead (S.I.D), Serigala Malam, The Hydrant, Jamrud, Edane, Seringai, Death Vomit, Prison Of Blues dan masih banyak lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru