Amalan Ini Bakal Menerangi Mayit di Alam Kubur 

Aug 31, 2022 09:08
Ilustrasi gelapnya alam kubur (pixabay)
Ilustrasi gelapnya alam kubur (pixabay)

JATIMTIMES - Setiap manusia pastinya akan mati dan meninggalkan kehidupan dunia. Mereka yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, serta memiliki amalan yang baik akan selamat dari siksa kubur dan siksa neraka. Dan sebaliknya, mereka yang mengingkari Allah, melakukan dosa akan mendapatkan siksa kubur dan siksa pedih neraka.

Sebagai umat Allah yang beriman, harus mengetahui beberapa amalan yang akan menerangi sang mayit di alam kubur dan menyelamatkan dari siksa kubur. Berikut amalan-amalannya diolah dari beberapa sumber. 

1. Menjaga salat lima waktu

Dari Hanzhalah Al Katib, ia mengatakan, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa selalu menjaga salat wajib yang lima, baik ruku, sujud, wudhu atau waktu-waktunya". 

Selain itu, Rasulullah SAW dalam satu waktu bersabda "Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya. Maka, jika salatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika salatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari salat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki salat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari salat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR Tirmidzi)

2. Memperbanyak sedekah

Dalam setiap rezeki yang diperoleh, tentunya terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Untuk itu, setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah sesuai dengan kemampuan. Sekecil apapun sedekah yang dilakukan, Allah selalu mencatat kebaikan umatnya.

Dengan bersedekah, dapat menerangi seorang ketika di alam kuburnya. Bersedekah, juga dapat menjadi bekal di akhirat kelak. Rasulullah pernah bersabda, diriwayatkan dalam sebuah hadist "Naungan orang beriman di hari kiamat adalah sedekahnya," (HR Ahmad).

3. Memperbanyak membaca Al-Quran

Al-Qur'an merupakan pedoman hidup umat muslim. Mereka Umay yang seringkali membaca Al-Qur'an akan mendapatkan syafaat yang baik dari Allah. Amalan ini juga akan menerangi ketika di alam kubur. 

Hadist riwayat Muslim, "Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi syafa’at kepada orang-orang yang mengikutinya".

Rasulullah SAW bersabda, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, "Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat".

4. Membaca Surat Al Mulk setiap sebelum tidur.

Abdullah bin Mas'ud RA berkata, diriwayatkan And Nasa'i, "Siapa yang membaca surat Al-Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut.".

5. Bertasbih sebanyak-banyaknya

Bertasbih menjadi salah satu hal untuk terus selalu mengingat Allah. Hal ini tentunya akan juga membuat umat lebih mencintai Allah. Mengingat Allah, tentunya akan membuat seorang umat untuk terus melakukan kebaikan, sehingga Allah pun menolongnya saat berada di alam kubur.

Allah SWT berfirman, dalam Surat Al Azhab, "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (QS: Al Ahzab: 41-42). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru