Malangtimes

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Lewat MCS, Makin Mudahkan Peserta Program JKN

Aug 25, 2022 11:47
Salah satu peserta Program JKN Yeppy Afriliandi (kanan) saat menggunakan layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan di RST dr Soepraoen. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang) 
Salah satu peserta Program JKN Yeppy Afriliandi (kanan) saat menggunakan layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan di RST dr Soepraoen. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang) 

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Mobile Customer Service (MCS). 

MCS merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan berupa program layanan jemput bola untuk para peserta Program JKN. 

Hal ini semakin membuktikan komitmen BPJS Kesehatan dalam mendekatkan layanan serta memudahkan peserta Program JKN dalam mendapatkan layanan pengurusan administrasi serta informasi terkait BPJS Kesehatan. 

Seperti halnya dalam kegiatan Gowes Bersama Komunitas Kesehatan Plus, BPJS Kesehatan turut berpartisipasi dengan menyediakan pelayanan administrasi dan informasi melalui MCS. 

Yeppy Afriliandi (42) mengapresiasi layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Pasalnya, dirinya dapat dengan mudah melakukan perubahan data melalui MCS. 

"Kehadiran MCS ini saya akui sangat bagus, karena saya tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan dan efisiensi waktu karena tidak perlu mengantre. Saya lebih senang seperti ini, karena pelayanannya lebih mudah dijangkau dan cepat," ungkap Yeppy. 

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah memberikan fasilitas layanan kesehatan untuk keluarganya. Pasalnya dengan menjadi peserta Program JKN, istri Yeppye telah melahirkan sebanyak tiga kali dan semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Yeppy berpesan kepada masyarakat Malang Raya yang belum terdaftar menjadi peserta Program JKN agar segera melakukan pendaftaran. Ia dan keluarganya telah merasakan manfaat nyata yang diperoleh sebagai peserta Program JKN. 

"Saya berharap masyarakat yang belum menjadi peserta JKN untuk segera mendaftar, selain untuk patuh terhadap program pemerintah juga untuk jaga-jaga kalau sakit," ujar Yeppy. 

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat Malang Raya agar tidak menunggu sakit atau gangguan kesehatan baru mendaftar sebagai peserta Program JKN. 

"Jangan menunggu sakit baru daftar, apalagi sekarang ini sangat mudah untuk mendaftar bisa melalui MCS juga. Intinya sedia payung sebelum hujan, sedia JKN sebelum sakit," terang Yeppy. 

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang, Wenan Setyo Nugroho menyampaikan, kegiatan MCS rutin dilakukan di desa-desa di wilayah Malang Raya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan MCS juga akan dilakukan dalam kegiatan-kegiatan tertentu. 

Hal tersebut dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Program JKN dan merupakan upaya promotif untuk warga Malang Raya yang belum terdaftar program JKN agar segera melakukan pendaftaran. 

Selain itu, pihaknya juga terbuka dan bersedia menghadiri undangan dari masyarakat maupun berbagai instansi atau organisasi kemasyarakatan yang sedang menggelar sebuah kegiatan. 

"Apabila ada masyarakat yang akan melakukan pendaftaran baru Program JKN namun tempat tinggalnya jauh dari kantor BPJS Kesehatan atau belum terjangkau MCS dapat juga mendaftar sebagai peserta melalui Aplikasi Mobile JKN maupun melalui whatsapp Pandawa 08118165165," tutup Wenan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru