Guru di Lampung Hukum Siswanya Nyangkul Karena Bolos, Tuai Pujian Warganet

Aug 25, 2022 11:44
Potongan video milik akun media sosial TikTok.(Foto: Istimewa).
Potongan video milik akun media sosial TikTok.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebuah video tengah viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun media sosial TikTok @kendhajee1990. Dalam video itu disebutkan sejumlah siswa yang dihukum oleh seorang guru karena ketahuan bolos sekolah. 

Disebutkan ketiga anak tersebut adalah siswa SMP Negeri 1 Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Tiga orang siswa tersebut nampak bergantian mencangkul tanah dan memasukkannya ke dalam ember yang disediakan. 

"Piye, sesuk mbolos maneh ora, lek mbolos maneh gak popo tak tambahi dadi (Gimana, besok bolos lagi apa enggak, kalau bolos saya tambahi jadi 40 ember)," ujar sang guru sambil mengawasi siswanya. 

Tiga siswa tersebut nampaknya juga menyadari kesalahannya. Meskipun tengah dihukum, nampak mereka menjalani sanksi dari sang guru sambil tersenyum. Sesekali mereka tampak bercanda dengan gurunya. 

Hukuman tersebut memang sengaja diberikan oleh sang guru untuk memberikan efek jera bagi siswanya. Tentu ke depan agar tidak ada lagi siswa yang bolos sekolah. 

Informasi yang disebutkan dalam video tersebut, setiap siswa yang ketahuan membolos, memang akan diberikan sanksi untuk mencangkul tanah. Jumlahnya hingga 20 ember. 

"Aku malah seneng lek mbolos, iku sampe roto (Saya malah senang kalau memang mau bolos, itu biar meratakan tanah)," terang sang guru. 

Video itu banyak menyita perhatian warganet. Banyak warganet yang mengapresiasi langkah sang guru dengan sanksi yang diberikan tersebut. 

"ini baru guru yg perlu jd teladan, klo bolos hukuman nya kyk gini masuk akal, selain mendidik anak nya jg mandiri, jg anak jd ngerti rasa nya kerja," ujar komentar akun @anisa2038only.

"persis seperti di smpku dulu, kalau ada yg telat di suruh cangkul tanah karena di smpku dulu ada banyak lahan kosong dan di tanami banyak tanaman," kata komentar akun @lilizl.m.

"kalu zamanku dulu ,blos sekolah bersih2 komplek sekolah,lap kaca,bersihkan kantor,dan masih bnyak LG,GPP yg pnting sadar akan kesalahn masing2.mantap," ujar komentar akun @sanata2y2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru