Malangtimes

Fakta Malaikat Mikail, Selisih Penciptaan 500 Tahun hingga Misteri Jubah Hijau Zamrud

Aug 24, 2022 08:31
Ilustrasi malaikat (pixabay)
Ilustrasi malaikat (pixabay)

 JATIMTIMES - Malaikat merupakan mahluk mulia ciptaan Allah SWT. Malaikat jumlahnya begitu banyak. Namun hanya 10 malaikat yang wajib untuk diketahui. Salah satunya adalah Malaikat Mikail.

Mengenai Malaikat Mikail, diolah dari Islam Pos terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh umat muslim.  Dalam sebuah riwayat, Malaikat Mikail diciptakan setelah Malaikat Israfil. Namun, selisih waktu penciptaannya sampai 500 tahun.

Kemudian dalam sebuah riwayat, Malaikat Mikail memakai jubah hijau zamrud, jubah itu membentang memenuhi langit.

Selain itu, dalam sebuah penjelasan, Malaikat Mikail 
dari kepala hingga kedua telapak kaki berbulu za'fron. Seluruh anggota tubuhnya terbuat dari Nuur. 

Selain itu, kebesaran Allah membuat Malaikat Mikail istimewa. Setiap di atas bulu-bulunya terdapat wajah dan setiap wajah mempunyai sejuta mata. Setiap mata pun senantiasa menangis memohon Rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa.

Malaikat Mikail juga diberikan kelebihan dengan sejuta mulut. Setiap mulut memiliki lidah yang juga menguasai satu juta bahasa. Setiap mulut pun membaca istighfar untuk kaum mukmin yang berdosa. 

Dari satu juta mata yang ada, setiap mata senantiasa meneteskan air mata sampai 7 ribu tetesan. Dari tetesan air mata itu, Allah menciptakan malaikat sejenis yang serupa dengan Malaikat Mikail.

Mereka bertugas membaca tasbih hingga hari kiamat. Mereka itu bernama Karubiyun. Di samping bertasbih, mereka juga memiliki tugas sebagai pembantu Malaikat Mikail yaitu menurunkan hujan, menjaga tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, serta mengatur rezeki kepada makhluk-makhluk Allah SWT.

Hadist riwayat Ahmad, dari Anas bin Malik, ketika Rasulullah  SAW melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj ke langit, Rasulullah kemudian bertanya kepada Malaikat Jibril, "Mengapa aku tidak pernah melihat malaikat Mikail tertawa?" Malaikat Jibril menjawab, "Malaikat Mikail tidak pernah tertawa semenjak neraka diciptakan."

Selain itu, Malaikat Mikail juga mendampingi Malaikat Jibril dalam menjalankan tugasnya. Di antara tugas yang pernah dilakukan bersama Malaikat Jibril dalam menjalankan perintah Allah adalah:

1. Malaikat Mikail bertugas mengambil air Al-Kautsar (air zam-zam) untuk akhirnya dijadikan sebagai pencuci hati Rasulullah. Saat itu, Malaikat Jibril menjalankan tugas membelah dada Rasulullah SAW untuk dicuci hatinya karena akan diisi dengan iman, Islam, yakin, dan sifat hilim.  Air yang diambil Malaikat Mikail itulah yang digunakan untuk menyucikan hati Rasulullah.

2. Malaikat Mikail dan Malaikat Jibril ikut mendampingi perjalanan Rasulullah SAW saat melakukan melakukan Isra’ dan Mi’raj.

3. Allah memiliki sebuah lembaran catatan yang tertulis dengan sangat detil tentang nama-nama, tempat, dan sebab musabab pencabutan nyawa bagi orang yang dituju. Allah kemudian memerintahkan Malaikat Mikail untuk menyampaikan lembaran itu kepada Malaikat Maut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru