Malangtimes

Kompak dan Tanpa Sekat, Serunya Peringatan Kemerdekaan Warga Permata Jingga

Aug 21, 2022 18:50
Salah satu stand dari warga RW 06 Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Salah satu stand dari warga RW 06 Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Menumbuhkan semangat solidaritas di kalangan warga perumahan elit, tentu tidak mudah. Sebab warga yang tinggal di perumahan elit sering dianggap memiliki sikap individualistis tinggi. Sehingga, terkesan mengunggulkan ego pribadi yang kuat dan dinilai cenderung abai terhadap masalah-masalah di lingkungan sosial sekitar.

Namun berbeda dengan suasana warga kompleks Perumahan Permata Jingga, salah satu kawasan perumahan elit di Kota Malang. Ada resep jitu untuk mengatasi masalah tersebut. Upaya menjaga dan menumbuhkan kebersamaan terus dilakukan, yakni dengan menggelar kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022.

Seperti pada peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, warga sangat antusias menggelar dan mengikuti beragam kegiatan. Mulai dari tirakatan, hias tenda bazar, jalan sehat, voli buta, hingga tarik tambang.

Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI di Perumahan Permata Jingga, Koencara Budi Sambodo mengatakan kegiatan dimulai dengan tirakatan yang diikuti warga dan tokoh masyarakat, Selasa (16/8/2022) malam. Sebelum tirakatan, digelar juga lomba menghias tumpeng antar RT.

Selanjutnya, lomba hias tenda bazar dan voli buta pada Jumat (19/8/2022). Pertandingan bola voli yang dikemas berbeda ini membuat warga antusias. Warga secara kompak keluar rumah untuk menyaksikan kemeriahan lomba.

“Volly buta digelar dengan menutup net sehingga pemain tidak tahu posisi lawan. Lomba menjadi lebih seru karena banyak salah-salah dalam penempatan bola. Keseruan itu yang memang ingin kami eksplorasi, sehingga perlombaan menjadi menarik dan lucu untuk ditonton,” kata Koencara di sela-sela Jalan Sehat dan Bazar HUT Kemerdekaan ke-77 RI di lapangan perumahan, Minggu (21/8/2022).

Lomba lain yang tak kalah seru yakni memasukkan belut dalam botol. Ada juga lomba makan kerupuk, tarik tambang, dan balap karung, hingga balap lari memakai klompen.

Menurut dia, antusias warga dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Sebanyak 11 RT di lingkungan kompleks Perumahan Permata Jingga mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, ada juga stan dari pengembang dan event organizer, Amazing Malang.

Pembiayaan kegiatan tersebut menelan dana cukup fantastis, yakni sebesar Rp 101 juta. Dana itu diperoleh dari patungan warga penghuni perumahan. Namun sebagian dana itu dikembalikan lagi ke warga dalam bentuk hadiah lomba di antaranya berupa kulkas, mesin cuci, TV, juga doorprize senilai Rp 18 juta.

“Kegiatan ini memang dimaksudkan untuk menjaga semangat solidaritas sosial dan silaturahim sesama warga Perumahan Permata Jingga, selain memperingati HUT Kemerdekaan RI,” kata Koencara.

Keseruan lomba di perumahan elit di Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Hal itu penting mengingat selama dua tahun, yakni 2020-2021, kegiatan yang melibatkan massa, termasuk kegiatan 17 Agustus-an tidak dapat digelar karena adanya pandemi covid-19.

Karena itulah, saat kegiatan 17 Agustus-an digelar kembali di Permata Jingga, warga sangat antusias menyambutnya. Hampir semua warga berpartisipasi mengikuti kegiatan ini.

Semetara itu, Zulkifli warga RT 06 RW 06 Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, mengatakan solidaritas sosial warga Perumahan Permata Jingga sebenarnya sangat tinggi. Kegiatan-kegiatan yang membutuhkan partisipasi warga selalu mendapatkan respons positif berupa dukungan agar program maupun masalah dapat ditangani secara bersama.

“Karena itulah, semangat kebersamaan tersebut perlu terus dijaga dan dipupuk. Salah satunya lewat kegiatan 17 Agustus-an ini,” ucap Zulkifli.

Terpisah, Ketua RW 06, Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Yoga Adhinata menegaskan dirinya bangga atas inisiatif dan partisipasi yang tinggi dari warganya dalam menggelar kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Semangat gotong royong dan solidaritas sosial itu, kata dia, perlu terus dipupuk. Salah satu bentuk pemupukan semangat tersebut, yakni dengan menggelar kegiatan 17 Agustus-an.

“Karena itulah, sebagai Ketua RW, tentu kami memafasilitasi dan mendukung penuh atas inisiasi dan partisipasi warga dalam kegiatan ini karena positif dalam upaya memupuk semangat solidaritas sosial yang penting dalam kegiatan bermasyarakat dan bertetangga. Kami bangga dengan antusiasme warga Permata Jingga,” ucap Yoga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru