Awalnya Guru Hingga Jadi Pengusaha Properti, Begini Kisah Sukses Drs HM. Triwediyanto MSi

Aug 18, 2022 19:56
Tri Wediyanto, sosok pengusaha sukses di Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Tri Wediyanto, sosok pengusaha sukses di Kota Malang. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Untuk menjadi orang sukses, banyak hal yang menjadi faktor pendukung. Selain dengan kegigihan dan inovasi, menjadi orang yang dpat dipercaya dan menghargai support orang lain adalah salah satu kuncinya.

 

Hal tersebut yang selalu dipegang teguh oleh sosok Tri Wediyanto, pengusaha yang sukses di bidang properti di Malang Raya. Sepak terjangnya di bidang properti, khususnya membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan menengah rendah (MBR) melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga : Dewan Ajak Semua Pihak Mendukung dan Menyukseskan Implementasikan Identitas Kependudukan Digital

 

Namun semua itu tak luput dari kerja kerasnya selama merintis karir sejak tahun 80-an. Siapa kira jika Owner PT Kharisma Karangploso ini dulunya adalah seorang guru mata pelajaran ekonomi dan pembukuan di sekolah menengah pertama.

Dengan modal keahliannya di bidang akuntansi, membuat ayah 4 anak ini bergabung dengan salah satu perusahaan properti besar di Jawa Timur PT Podo Joyo Mashur.

“Saya bergabung dengan PT PJM sejak 1984 di bagian keuangan. Kemudian pernah juga ditugasi di bagian verifikasi untuk legalitas sempat pindah ke bagian pengembangan hinga jadi asisten direktur,” ujar Tri Wediyanto.

Dengan berbekal pengalaman bekerja di berbagai bagian membuatnya memiliki pemahaman lebih tentang dunia properti. Ditambah dengan kegiatan organisasi Real Estate Indonesia yang mulai diikutinya pada tahun 1995.

“Saat itu ketua korwil REI Malang adalah Pak Teguh Kinarto Owner PT Podo Joyo Mashur. Karena sering diajak dan diajari beliau, dari situ saya tertarik berorganisasi dan akhirnya punya banyak teman dan jaringan,” ungkapnya.

Karena ketekunan dan keuletan Tri, membuat Owner PT Joyo Mashur Teguh Kinarto turun tangan langsung sebagai mentor untuknya. Tak ayal hal tersebut membuat Teguh Kinarto memberi peluang kepada Tri dengan mendorong untuk berdiri sendiri dengan perusahaannya.

“Pak Teguh sosok yang banyak berjasa pada karir saya. Beliau selalu memberi support, mendorong agar tidak boleh menyerah. Dengan peluang yang beliau beri akhirnya saya berani berdiri sendiri dengan take over salah satu perusahaannya yaitu PT Kharisma Karangploso, walau sampai saat ini masih membantu dan bekerja sama dengan PT Podo Joyo Masyhur," bebernya.

Bagi suami dari Laily ini peluang yang diberikan oleh bos PJM Group adalah titik balik kesuksesan karirnya. Kekuatannya semakin terbentuk sejak dia semakin aktif di organisasi REI mulai menjadi Ketua Komisariat REI Malang. 

Karena amanah menjaga kepercayaan anggota, Tri pun ditunjuk menjadi Wakil Ketua REI Jawa Timur. Hingga akhirnya tahun 2014 menjadi Pengurus Pusat menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal sampai sekarang. Hingga saat ini Tri tetap fokus pada pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan menengah rendah.

“Sejak di REI pusat saya jadi tahu bahwa target rumah murah jarang tercapai, sedangkan kebutuhan rumah menengah ke bawah semakin bertambah. Saya mecoba mencari terobosan bagaimana caranya agar orang berpenghasilan menengah, rendah dengan segala keterbatasannya bisa punya rumah," ujar Tri yg juga lulusan S2 FIA Universitas Brawijaya jurusan Bisnis ini.

Baca Juga : Mahasiswa UB yang Tersangkut Terorisme Belum Disanksi Kampus, Begini Alasannya 

 

"Ada hati yang terpanggil untuk bisa berbuat itu. Memproduksi sebuah rumah yang untungnya sedikit. Proyek ini tentu tidak banyak dilirik developer. Tapi kami komitmen untuk membantu pemerintah,” ungkapnya.

Hingga saat ini sudah banyak perumahan yang dibangun oleh Tri Wediyanto di Jawa Timur. Yang terbaru Perumahan khusus PNS di kawasan Bandulan tengah mulai dibangun. 

Perumahan-perumahan lain yang berhasil dibangun di antaranya Pesona Ngawi Regency, Perumahan ASN Kabupaten Malang Bumi Kanjuruan, perumahan PNS di Kota Malang yang terletak di Kelurahan Lesanpuro, Tlogomas dan Sukun (Bandulan).

Meski tengah disibukkan dengan segudang pekerjaan perusahaan yang sedang semakin pesat berkembang, Tri tidak pernah mau untuk berdiam diri. Dia hingga saat ini juga aktif dalam berbagai organisasi selain REI. Seperti Dewan Pembina Pertina Kota Malang dan Dewan Pembina di Indo Pajero Communitas (IPC) Jatim. Serta sebagai Vice Presiden IMA Malang.

Dirinya juga istiqomah dalam berbagi. Setiap tahun rutin berbagi kebahagiaan kepada kaum duafa dan anak yatim di sekitar tempat tinggal lamanya. 

“Harus ingat bahwa ada hak mereka dalam harta  kita. Itu juga salah satu kunci mengalirnya rezeki kita,” tegasnya.

Pria yang selalu berprinsip ‘Berani Tapi Tetap Hati-Hati’ ini kini tengah berbahagia menanti kehadiran anak ke limanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru