Inggris atau United Kingdom? Ini Bedanya Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom

Aug 12, 2022 17:38
Union Jack (Bendera United Kingdom)
Union Jack (Bendera United Kingdom)

JATIMTIMES - Inggris, Britania Raya dan United Kingdom ternyata memiliki makna yang berbeda. Namun di Indonesia lebih populer disebut Inggris atau Inggris Raya. Baik Inggris maupun Inggris Raya memiliki bendera yang berbeda. 

Nama resmi Internasional dari Inggris Raya adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland biasa disingkat menjadi United Kingdom (U.K). Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia maka namanya menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. 

Kerajaan Bersatu Britania Raya merupakan nama panjang dari United Kingdom (U.K), baik keduanya memiliki arti yang sama. 

Sebelum menjadi seperti sekarang yang kita kenal sebagai United Kingdom, tadinya persatuan wilayah dengan nama Britania Raya yang hanya beranggotakan 3 wilayah, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia.

Sementara Kerajaan Bersatu Britania Raya atau United Kingdom merupakan persatuan empat wilayah, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Namun, penggunaan istilah Britania Raya saat ini digunakan untuk menyebut  wilayah yang juga mencakup Irlandia Utara.

Sementara penyebutan di Indonesia penyebutannya sendiri yaitu Inggris/Inggris Raya/ Kerajaan Inggris digunakan untuk menyebut  nama Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Penyebutan nama Inggris/ Inggris Raya merupakan majas Sinedoke Pas Pro Toto  yaitu majas yang digunakan untuk menyebut sebagian untuk mewakili keseluruhan. 

Jadi apa perbedaan Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom (U.K)?

Inggris adalah nama sebuah negara yang berada di wilayah kepulauan Britania. Populer dengan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara.

Britania Raya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut persatuan Inggris, Wales, dan Skotlandia.

United Kingdom adalah yang digunakan untuk menyebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland  yang beranggotakan Britania Raya dan Irlandia Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru