Viral, Pulau Bergerak Layaknya Rakit Ada di Indonesia

Aug 02, 2022 11:11
Pulau Begansar. Pulau unik yang bisa bergerak di air (istimewa)
Pulau Begansar. Pulau unik yang bisa bergerak di air (istimewa)

JATIMTIMES - Pulau bergerak sendiri, memang ada? Ya, pulau bergerak sendiri memang ada, bahkan pulau tersebut ada di Indonesia. 

Pulau tersebut bernama Pulau Begansar terletak di Danau Bagut di Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

Dari beberapa sumber mengatakan, jika nama Pulau Begansar merupakan nama setempat yang memiliki arti bergerak.

Pulau tersebut semakin viral setelah terekam dalam sebuah video dan diunggah oleh akun TikTok Bontang Post. Dalam video, nampak jelas pulau tersebut bergerak sendiri secara perlahan, seperti layaknya perahu.

Beberapa orang yang di atas pulau tersebut, nampaknya juga begitu takjub. Pulau tersebut juga nampak stabil bergerak di air tanpa memperlihatkan tanda akan tenggelam.

Meskipun pulau tersebut dapat bergerak, tidak mempengaruhi kesuburan dari beberapa tanaman, rerumputan dengan pohon-pohon tinggi. Bahkan, tanaman-tanaman tersebut nampak tumbuh subur pada pulau bergerak tersebut. 

Meskipun menjadi pulau yang unik, Pulau Begansar masih banyak belum diketahui oleh masyarakat. Pulau Begansar sendiri telah dibuka sejak 2016.

Hal itu dibenarkan Sudarso, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir. 

"Ada 2 (dua) buah pulau yang aktif begansar (bergerak) dan berjalan atau berpindah tempat, yang mana jarak pulau tersebut berpindah bisa sampai ratusan meter jauhnya," ujar Sudarso, seperti dikutip dari Uncak.

Dari beberapa sumber lain dahulu terdapat tujuh pulau. Akan tetapi, lima pulau lainnya mati dan menyisakan dua pulau saja.

Akan tetapi pulau tersebut jarang bergerak, bilamana musim kemarau dan debit air mulai surut. Akan tetapi, bilamana air danau telah pasang, maka pulau tersebut mulai bisa bergerak. Dituliskan dalam caption postingan akun Bontang Post, pulau tersebut bergerak mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Wisatawan pun bisa berada di pulau tersebut, merasakan sensasi berada di dataran tanah yang dapat bergerak di air.
Akan tetapi, wisatawan yang dapat berada di pulau tersebut, terdapat pembatasan untuk menjaga keamanan dan mencegah pulau dari kerusakan.

Sementara itu, cerita yang berkembang di masyarakat sekitar diduga pulau itu memiliki kepala dan ekor, namun hal itu tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru