Tangan Kanan Pasif, Cara Berjalan Vladimir Putin Buat Banyak Orang Penasaran

Jul 21, 2022 13:16
Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow (Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow (Reuters)

JATIMTIMES - Konflik Rusia - Ukraina memang banyak menjadi sorotan. Akan tetapi, bukan hanya itu saja. Bahkan cara berjalan Presiden Rusia, Vladimir Putin juga menjadi sorotan.

Vladimir Putin dianggap mempunyai cara berjalan yang aneh. Terlihat dalam banyak video yang beredar di media sosial, ketika berjalan, tangan kanan Putin terlihat pasif tidak bergerak. Berbeda dengan tangan kiri putih yang lebih aktif mengayun ketika berjalan.

Hal ini kemudian banyak membuat pertanyaan banyak pihak, kenapa dan mengapa Putih mempunyai cara berjalan yang dianggap aneh.

Dari news.com.au, diterjemahkan jika ada yang menyebut Putin terinfeksi virus polis ketika kecil. Selain itu, ada juga yang menyebut, jika itu merupakan gejala awal Parkinson.

Bukan hanya itu, ada juga yang menjelaskan hal tersebut diakibatkan oleh gubgslinger's gait. Para pakar neurologi asal Belanda, dalam publikasi ilmiah British Medical Journal,  mengklaim bahwa mereka menemukan jawaban mengapa cara berjalan Presiden Rusia Vladimir Putin berbeda dengan kebanyakan orang.

Cara berjalan Putin, disebabkan oleh latihan yang ia dapatkan kala bertugas di  Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB), badan intelijen Uni Soviet yang telah dibubarkan.

Disebutkan dalam laporan itu bahwa cara berjalan Putin yang dianggap aneh disebabkan oleh latihan yang ia terima saat masih bertugas di Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB), badan intelijen Uni Soviet yang sudah bubar tahun 1991.

Penelitian dilakukan terhadap pelatihan KGB. Para agen diharuskan menyembunyikan senjata pada tangan kanannya. Hal ini untuk memudahkan para agen agar secepat mungkin menggunakan senjata saat dibutuhkan. Sementara, tangan kiri mereka bebas untuk diayunkan saat berjalan.

"Berdasarkan panduan pelatihan, anggota KGB diperintahkan menyimpan senjata mereka di tangan kanan dekat dengan dada mereka dan bergerak ke depan dengan satu sisi tubuh, umumnya kiri. Hal ini memungkinkan mereka mengambil senjata secepat mungkin saat berhadapan dengan musuh," ujar Bloem dan rekannya dalam laporan di British Medical Journal, dilansir dari NBC News.

Dari latihan inilah, diduga Putin telah beradaptasi dengan latihan tersebut, sehingga cara berjalannya pun hanya seringkali untuk mengayun tangan kirinya. 

Selain Putin, beberapa tokoh juga memiliki cara jalan yang sama dengan Putin. Seperti Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, dua mantan Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov dan Sergei Ivanov, dan komandan tinggi militer Anatoly Sidorov.

Tetapi, mengingat Medvedev tidak memiliki pelatihan militer atau intelijen, peneliti menyimpulkan jika Medvedev menirukan gaya berjalan tersebut dari atasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru