Manusia Pertama yang Dibangkitkan saat Hari Kiamat sampai Malaikat Merasa Malu

Jul 21, 2022 08:12
Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

JATIMTIMES - Manusia yang pertama dibangkitkan saat hari kiamat kelak adalah Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah kitab Daqoiqul Akhbar dikisahkan, setelah hari kiamat tiba, Allah akan membangkitkan empat malaikat untuk menjemput Rasulullah SAW. 

Diolah dari channel Magenta Islam, empat malaikat tersebut adalah Jibril,  Israfil,  Mikail, dan  Izrail. Setelah itu, Allah SWT membangkitkan Malaikat Ridwan,  kemudian memerintahkan menghiasi surga untuk Rasulullah dan umatnya.

Allah SWT kemudian membangkitkan Buroq, yang merupakan makhluk dari golongan hewan untuk pertama dibangkitkan. Buroq sendiri diketahui merupakan tunggangan Rasullullah SAW dalam peristiwa Isra Mi'raj. 

Allah SWT lalu memerintahkan malaikat untuk menghias Buroq. Makhluk tersebut dihias oleh para malaikat dengan pakaian cahaya yang ditetesi batu Yaqut. Tali kekang dibuat dari batu Zamrud dengan dua perhiasan berwarna hijau dan kuning. 

Buroq bersama empat malaikat kemudian menjemput Rasulullah SAW dan membangkitkan dari alam kubur. Para malaikat menuju Bumi yang telah tak tersisa. Malaikat sempat kesulitan mencari makam Rasulullah SAW.

Namun tak lama, cahaya muncul dari makam Rasulullah. Para malaikat pun mengetahui bahwa cahaya tersebut merupakan pertanda keberadaan makam Rasulullah. Para malaikat  langsung menuju makam Rasulullah.

Malaikat Jibril lalumemerintahkan Malaikat Isrofil untuk menyeru kepada Rasulullah SAW dan membangkitkannya. Meski hal tersebut merupakan tugasnya, Malaikat Isrofil enggan melakukannya.  Malaikat Isrofil justru meminta Malaikat Jibril untuk menyeru kepada Rasulullah. 

Malaikat Jibril pun merasa malu. Sehingga tugas tersebut kemudian dilimpahkan kepada Malaikat Mikail. Namun saat Malaikat Mikail menyeru kepada Rasulullah untuk bangkit dari kubur, Rasullullah tidak bangkit dari kuburnya.

Para malaikat pun meminta kepada  Malaikat Izrail. Malaikat Izrail menyeru kepada Rasulullah. Namun lagi-lagi juga tidak terdapat tanda-tanda kebangkitan Rasulullah. Malaikat Isrofil kemudian mencoba menyerunya, tapi juga tidak berhasil. 

Kemudian Malaikat Izrail menyerunya dengan berbeda: "Wahai ruh yang baik, berdirilah untuk memutuskan hari keputusan, hari diperhitungkan amal perbuatan, dan hari ditampakkannya amal perbuatan kepada Zat Yang Maha Pengasih".

Setelah itu, Rasulullah bangkit dari kuburnya. Malaikat Jibril kemudian mendatangi Rasulullah dengan membawa dua perhiasan serta Buroq dan menyampaikan hari kiamat telah tiba.

Mengetahui hal tersebut, Rasulullah gelisah dan menanyakan umatnya.  Isrofil kemudian menjawab pertanyaan Rasulullah. "Demi kemuliaan Tuhanku, wahai Nabi Muhammad, aku masih belum meniup sangkakala kebangkitan sebelum kebangkitanmu".  

Mendengar hal tersebut, Rasulullah merasa lega. Sebab, Rasulullah khawatir jika umatnya telah dimasukkan terlebih dahulu ke neraka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru