Mengerikan, Dahsyatnya Siksa yang dialami Pendosa di Alam Kubur

Jul 14, 2022 08:28
Ilustrasi pendosa yang mendapatkan siksa kubur (Istimewa)
Ilustrasi pendosa yang mendapatkan siksa kubur (Istimewa)

JATIMTIMES - Setelah melewati fase kehidupan di dunia, manusia akan mengalami fase kehidupan di alam kubur. Di sini mereka akan menunggu dibangkitkan untuk menjalani fase kehidupan kekal di akhirat.

Pada fase kehidupan di alam kubur, tentunya akan dilewati manusia sesuai dengan amal ibadahnya. Bagi mereka yang bertakwa kepada Allah dan memiliki amal saleh, maka akan tenang menghadapi alam kubur, hingga tiba hari pembangkitan.

Lalu bagaimana untuk mereka para pendosa yang mengingkari Allah ?. Simak penjelasannya yang diolah dari channel Magenta Islam. 

Nasib para pendosa di alam kubur akan mengalami siksaan yang mengerikan di alam kubur. Telah banyak dalil yang menjelaskan hal ini. Para pendosa akan mengalami keresahan hingga hari pembangkitan tiba.

Tak hanya mengalami keresahan saja, siksaan pedih juga menanti para pendosa di alam kubur. Jenis siksaan yang akan dialami juga berbeda-beda, tergantung dengan dosa-dosa yang mereka lakukan di dunia.

Dalam salah satu hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW pernah bermimpi, didatangi oleh dua malaikat yang hendak mengajaknya menyaksikan suasana alam kubur. Dalam alam kubur diperlihatkan pemandangan seseorang yang berbaring dihantam oleh jangkar besi pada salah satu sudut mulutnya hingga remuklah seluruh kepalanya.

Hal tersebut kemudian dilakukan pada sudut mulutnya yang lain. Belum selesai siksaan dilakukan pada sudut mulut lainnya, sudut mulut yang remuk kembali seperti semula. Siksaan tersebut kemudian terus berulang hingga hari kiamat kelak.

Dalam perjalanan, malaikat pun lantas berkata, "Adapun orang yang mulutnya dibelah hingga kepala bagian belakang, dan dari matanya dibelah hingga bagian kepala belakang, adalah seorang laki-laki yang keluar dari rumah dengan menyampaikan kedustaan, lalu disebarkan hingga berbagai penjuru tempat".

Mereka yang melakukan dosa zina, kelak akan mengalami siksa kubur dengan dibakar pada tungku api. Dalam hadis Bukhari, diriwayatkan jika Rasulullah didatangi oleh malaikat Mikail dan Jibril. Beliau kemudian pergi menyaksikan alam kubur. 

Tiba di sebuah tempat yang diisi oleh seorang laki-laki dan perempuan telanjang. Saat itu api datang dan membakar keduanya dibawah tungku. Lelaki dan perempuan itu menjerit merasakan panasnya tungku.

Malaikat Jibril kemudian menjelaskan kepada Rasulullah, "mereka adalah pezina perempuan dan laki-laki. Itulah azab bagi mereka hingga tiba saatnya hari kiamat".

Di alam kubur, juga terdapat siksaan dengan hantaman batu besar. Rasulullah diperlihatkan seseorang yang berbaring,  kemudian datanglah seseorang dengan membawa sebongkah batu besar dan lantas dihantamkan kepada orang yang berbaring.

Batu tersebut menggelinding, kemudian diambil kembali oleh orang tersebut untuk dihantamkan lagi. Seseorang yang mendapatkan siksaan tersebut, usia dihantam kepalanya kembali utuh. Hantaman batu besar pun kembali ia dapatkan berulang-ulang.

Rasulullah bertanya kepada malaikat, mengapa orang tersebut mendapatkan siksaan tersebut. Malaikat menjelaskan, " Adapun lelaki yang pertama kita temui dipecahkan kepalanya dengan batu, adalah orang yang mempelajari Alquran kemudian menolak Alquran dan dia juga orang yang tidur (meninggalkan) shalat wajib".

Dalam Al-Qur'an, siksa kubur juga dikisahkan dalam surat Al Mukmin ayat 5 dan 46. Ini tentang kisah Fir'aun yang akan mendapatkan siksaan hingga hari kiamat kelak.

"Dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat) : " masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru