Misteri Jabal Qaf, Gunung Zamrud Hijau yang Disembunyikan Allah dari Manusia, Konon Ditempati Nabi Khidir

Jul 12, 2022 11:00
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Mendengar istilah gunung gaib, mungkin akan tersirat dalam pikiran kita sebuah gunung yang ditempati oleh makhluk gaib. Namun yang dimaksud gunung gaib kali ini bukanlah gunung yang dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Melainkan gunung gaib yang Allah SWT sembunyikan keberadaannya dari manusia. Gunung itu konon ditempati oleh Nabi Khidir.

Sebagaimana namanya, gunung gaib ini disembunyikan dari manusia dan hanya beberapa orang saleh yang bisa sampai ke sana. Di antaranya Raja Iskandar Dzulqarnain.

Gunung gaib yang konon ditempati Nabi Khidir ini telah diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadisnya. Sebagaimana dikutip dari channel YouTube Lensa Aswaja, gunung gaib ini memang tidak diketahui oleh manusia.

Keberadaan gunung gaib ini bernama Gunung Qaf yang sangat besar dan terbuat dari zamrud berwarna hijau. Karena gunung ini diselimuti warna hijau zamrud, hal itu berpengaruh terhadap warna langit yang kita saksikan. Artinya, warna langit yang kita saksikan adalah pengaruh dari hijaunya gunung gaib atau Gunung Qaf. 

Gunung gaib  memang dijaga oleh makhluk gaib, tapi bukan jin. Dia adalah malaikat. Dikatakan bahwa malaikat yang menjaga Gunung Qaf ini sangat besar, kekal, dan kuat, sebagaimana gagahnya gunung gaib itu. Ibarat manusia, Gunung Qaf ini adalah raja dari gunung di Bumi yang menjadi uratnya untuk menjaga keseimbangan Bumi. Jika urat-urat Gunung Qaf tidak menjaga keseimbangan Bumi, niscaya Bumi ini akan berguncang dahsyat dan membahayakan manusia. 

Keberadaan Gunung Qaf diterangkan oleh Rasulullah SAW ketika salah satu sahabatnya bertanya. Sayyidina Abdullah bin Salam bertanya kepada Rasulullah: "Ya Rasulallah, dengan apa Bumi ini bisa tenang?"

Rasulullah lantas menjawab: "Dengan beberapa gunung".

Kemudian Sayyidina Abdullah bin Salam bertanya lagi: "Lalu dengan apa gunung-gunung itu dikokohkan?"

Rasulullah menjawab:  "Dengan Gunung Qaf yang terbuat dari zamrud hijau dan birunya langit."

Pernah juga dikisahkan bahwa Raja Iskandar Dzulqarnain telah sampai dan naik ke tempat Gunung Qaf tersebut. Mengenai letak gunung gaib ini, ada yang mengatakan di antara Yordania dan Arab Saudi. 

Namun ada juga yang mengatakan letaknya ada di daerah Yaman. Selain itu, ada  yang menyebut Gunung Qaf berada di suatu daerah sebelum Persia, dekat tembok Ya'juj dan Ma'juj.

Ada yang mengatakan bahwa Jabal Qaf dihuni oleh para rijalul gaib atau wali Allah yang berjumlah 70 orang karena menjauhkan diri dari duniawi. Di sisi lain, ada pula yang mengatakan bahwa di dekat gunung gaib ini ada sebuah pulau yang bernama al-Khadr, yaitu tempat bertemunya arus sungai dan laut. Pulau itu dihuni oleh sosok hamba Allah yang saleh yang dikenal sebagai Nabi Khidir AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru