Mengenal Bocah Tunanetra Penghafal Al-Quran yang Viral di Medsos

Jul 08, 2022 14:38
Fahira saat ditemui dirumahnya (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Fahira saat ditemui dirumahnya (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Fahira Ayun Rachmatika Hajiani, bocah tunanetra berusia 9 tahun asal Desa Sumbersekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang yang sempat viral di media sosial TikTok ternyata telah khatam dan hafal Al-Quran.

Fahira (sapaan akrabnya) viral di TikTok karena melantunkan ayat suci Al-Quran dihadapan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto pada perayaan Hari Bhayangkara ke-76 di Mapolresta Malang Kota beberapa hari lalu.

Saat dijumpai di rumahnya, Jum'at (8/7/2022) Fahira mengaku senang karena tampil di Mapolresta Malang Kota. Bahkan, ia mengaku senang karena bertemu dengan banyak polisi.

“Senang banget (bisa tampil di Mapolresta Malang Kota). Senang juga (bertemu bapak polisi),” kata Fahira.

Ditanya tentang surat yang dilantunkan di Mapolresta Malang Kota, Fahira pun mengatakan dengan tegas bahwa ia membaca surat Al-Isra ayat 23 sampai 25. Namun Fahira mengaku bahwa ia memang telah khatam hingga 30 juz dalam Al-Quran.

“Alhamdulillah sampai juz 30 sudah wisuda (khatam),” singkat Fahira.

Selain membaca ayat suci Al-Quran, Fahira mengaku juga bisa bernyanyi. Namun ketika ditanya apakah suka dengan lagu dangdut, Fahira mengatakan tidak terlalu suka.

“Enggak lah, saya suka nyanyi sholawat, nyanyi lagu pop juga,” ungkap Fahira.

Sementara itu nenek Fahira, Suwanti mengatakan bahwa sebenarnya Fahira memiliki saudara kembar yang bernama Faizah Ayun Rachmatika Hajiani. Namun saudara kembarnya ini terlahir dengan normal.

“Fahira ini punya saudara kembar. Kalau Fahira putri pertama, saudaranya normal. Dan saudara kembarnya ini suka nari dan minta diajak kalau Fahira tampil,” kata Suwanti. 

Dijelaskan Suwanti, Fahira memulai hafalan sejak duduk di kelas 1 sekolah dasar di SLB YP2 Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang. Sejak saat itu Fahira cukup fasih melantunkan ayat suci Al-Quran. Saat ini, Fahira mulai menginjak kelas 4 dan terus istiqomah menghafal Al-Quran. Bahkan, keluarganya pun kaget ketika Fahira viral di media sosial.

“Kaget awalnya, saya liat ya melalui TikTok itu. Saya kira ya gak viral, tapi kok sekarang jadi viral. Alhamdulillah ada yang peduli,” ungkap Suwanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru