Hewan yang Selalu Bertasbih, Allah pun Melarang untuk Membunuhnya

Jun 28, 2022 08:05
Ilustrasi katak dan semut, mahluk Allah yang selalu bertasbih (pixabay)
Ilustrasi katak dan semut, mahluk Allah yang selalu bertasbih (pixabay)

JATIMTIMES - Sudah menjadi sunnatullah, jika semua makhluk di muka bumi dan langit memuji dan bertasbih pada Allah SWT. Dalam surat Al Anbiyaa ayat 79, Allah berfirman, "Dan sudah kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung semua bertasbih bersama Dawud".

Bahkan, seperti halnya hewan yang dikatakan tak berguna seperti semut dan katak pun juga bersepakat untuk memuji Allah. Semua tak pernah lupa untuk berdzikir pada Allah.

Rasulullah SAW bersabda, "suara katak itu tasbih, memuji Allah" (HR Al Nasai). Ibnu Umar juga meriwayatkan, "janganlah kamu membunuh katak, karena bunyi menguaknya adalah tasbih".

Bukan hanya katak saja,  beberapa hewan lain ciptaan Allah juga taat untuk bertasbih. Hal ini dibuktikan dengan sebuah riwayat yang menyebutkan semut selalu bertasbih kepada Allah.

Diriwayatkan Abu Hurairah RA dari Rasulullah, "Sesungguhnya pernah seekor semut menggigit salah seorang nabi, lalu nabi tersebut menyuruh supaya membakar sarang semut tersebut. Tetapi Allah menurunkan wahyu kepadanya : Apakah hanya gara-gara seekor semut menggigitmu lantas kamu akan binasakan satu umat yang selalu membaca tasbih.

Subhanallah Maha Suci Allah atas keindahan penciptaannya, sebagai bukti bahwa sang pencipta menginginkan agar seluruh makhluk untuk taat dan berada dalam garis edarnya sebagai manusia.

Gunung dan burung pun bertasbih melaksanakan tanggungjawab mereka, tentunya agar proses alam berjalan dengan lancar dan teratur. Benda ciptaan Allah lainnya, seperti atom, matahari, bintang-bintang semua bertasbih memujinya. Ketika bulan dan matahari taat pada garis edarnya, sebagai bentuk ketaatan pada Allah yang menciptakannya.

Syaikh As-Sa’di mengatakan, "Setiap makhluk memiliki cara ibadah sesuai dengan keadaan mereka. Allah Ta’ala telah mengilhamkan bagaimana cara beribadah dan cara bertasbih, yaitu diberitahu lewat para utusan Allah yang diutus kepada kalangan jin, manusia, dan malaikat. Atau mereka diilhamkan oleh Allah secara langsung seperti makhluk lainnya (selain jin, manusia, dan malaikat). Inilah tafsiran yang lebih kuat tentang ayat ini,"

Tasbih yang dilakukan oleh hewan maupun benda ciptaan Allah lainnya memang tak dimengerti oleh mahluk lainnya. Hal ini ditegaskan dalam surat Al Isra' 44, Alah berfirman, "Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru