Kunjungan Pantai Teluk Asmara Berangsur Pulih, 3 Ribu Wisatawan Datang saat Weekend

Jun 26, 2022 08:31
Pantai Teluk Asmara.(Foto: Istimewa).
Pantai Teluk Asmara.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kunjungan ke wisata Pantai Bangsong Teluk Asmara (BTA) mulai berangsur pulih. Hal tersebut lantaran mulai diperbolehkannya tempat wisata beroperasi, semenjak Covid-19 mulai melandai pada beberapa waktu terakhir. 

Koordinator wisata Pantai BTA Suyatno mengatakan, meskipun terpantau sudah mulai ada peningkatan, namun menurutnya masih belum pulih seutuhnya. Apalagi jika dibandingkan dengan tingkat kunjungan saat sebelum pandemi Covid-19. 

"Kalau dibandingkan dengan kondisi normal baru 50 persen lah," ujar pria yang akrab disapa Yatno ini. 

Dalam beberapa pekan terakhir, jumlah kunjungan wisata ke pantai yang berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini tercatat kurang lebih sebanyak 2.500. Kemudian saat weekend, atau hari Sabtu dan Minggu saja, kunjungan wisatawan biasanya mencapai 3.000. 

"Biasanya kalau sabtu dan minggu saja itu 3 ribu sampai 4 ribu. Setelah pandemi ini agak pulih itu biasanya minggu itu seribu sudah maksimal," terang Yatno. 

Namun begitu, pihaknya juga masih terus melakukan pembenahan terhadap sejumlah fasilitas umum (fasum). Hal tersebut agar wisatawan yang berkunjung tetap merasa nyaman. Meskipun sebenarnya, pembenahan juga rutin ia lakukan selama pandemi berlangsung. 

"Ya kalau ini kan sementara ini yang kita lakukan tetap pembenahan rutin kita lakukan, masa pandemi pun kita enggak berhenti. Karena kalau wisata alam berhenti itu ya bisa kacau," jelasnya.

Salah satu fasum yang tengah dibenahi adalah jalan sepanjang 100 meter. Untuk membenahi jalan di pantai BTA, ia lakukan dengan mencicilnya. Artinya dilakukan secara bertahap, yakni dengan cor dan bebatuan koral. 

"Biayanya mandiri, harapannya situasi pulih, kemampuan masyarakat bisa pulih seperti sebelum pandemi. Harapannya kalau pengelola wisata kan bisa banyak pengunjungnya kan," pungkas Yatno. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru