Tipe-tipe Mahasiswa di Dunia Perkuliahan, Penasaran Cek di Sini

Jun 21, 2022 20:24
Foto Ilustrasi Tipe Mahasiswa yang Ada
Foto Ilustrasi Tipe Mahasiswa yang Ada

JATIMTIMES - Bangku sekolah tentu berbeda saat kalian menapaki dunia perkuliahan. Sistem belajar, pola pikir, berorganisasi, lingkungan sosial menjadikan sebuah tantangan untuk berproses selama menjadi mahasiswa. 

Tidak hanya asyiknya Saja menjadi mahasiswa, mereka harus terus berproses. Dengan proses itulah ada banyak tipe-tipe mahasiswa yang berbeda dalam menjalani pada dunia perkuliahan. Berikut tipe-tipe mahasiswa dilihat dari kegiatannya pada saat di dunia perkuliahan.

1. Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah pulang - Kuliah pulang)

Tipe yang pertama ini yang paling malas ikut organisasi dan merupakan tipe yang kerap sekali didengar oleh kalangan mahasiswa. Terlebih di saat dunia perkuliahan masih pada sistem offline dan belum mengenal sistem online.

Dari namanya saja sudah terlihat apa kegiatan mahasiswa ini. Sama sekali tidak adanya sentuhan cahaya aktivis. Kuliah seperti biasa kemudian langsung pulang ke rumah atau indekos menjadi kegiatan sehari-harinya. Duduk di bangku kuliah tujuannya hanya belajar dan terus belajar dan bersikap pasif di kampus, namun tetap mempertahankan IPK.

2. Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah rapat - Kuliah rapat)

Berbeda dengan tipe mahasiswa kupu-kupu yang hanya kuliah pulang- kuliah pulang. Mahasiswa ini tipe yang super sibuk dengan banyaknya organisasi yang diikuti menyebabkan kesehariannya tiada hari tanpa rapat.

Mahasiswa tipe ini lebih sering mendapati tugas yang menumpuk, meskipun begitu tidak menghalanginya untuk memperoleh IPK yang tinggi karena tergolong yang selalu aktif saat di kelas.

Pengalaman organisasi, public speaking yang bagus, ability problem solving social, dan sejenisnya merupakan bentuk benefits sebagai bekal setelah lulus dari bangku perkuliahan.


3. Mahasiswa Kunang-Kunang (Kuliah nangkring - Kuliah nangkring)

Sesuai dengan namanya, mahasiswa ini selalu nangkring atau nongkrong selepas kuliah. Entah apa yang dibicarakan atau didiskusikan semuanya bisa saja jadi bahan obrolan mereka di angkringannya.

Sering mengabaikan tugas, jurus andalannya dengan mencontek. Tanpa melihat tugas yang dikumpulkan benar atau salah, mereka tidak mempersalahkannya yang penting sudah mengumpulkan.

4. Mahasiswa Kuman-kuman (Kuliah main - Kuliah main) 

Tipe mahasiswa yang sedikit mirip dengan mahasiswa 'kunang-kunang', bedanya tak hanya angkringan biasa, namun tempat nongkrongnya sedikit 'berkelas.' Seperti mengeksplor hobi dan menjelajah berbagai kafe lucu, mall atau tempat hits lainnya. Apapun pasti dieksplor, asal hal tersebut menyenangkan. 

5. Mahasiswa Kuda-Kuda (Kuliah dagang - Kuliah dagang)

Mempunyai jiwa pebisnis, tipe mahasiswa ini kegiatannya berdagang atau berjualan di sela-sela perkuliahan sebagai bentuk usaha mereka. Dengan bijaksananya dalam membagi waktu, mereka mendapatkan tambahan uang dari kegiatan dagang. Apalagi mahasiswa rantau bisa sangat membantu urusan perkonomiannya.

5. Mahasiswa Kue-Kue (Kuliah gawe - Kuliah gawe)

Tidak jauh berbeda dengan mahasiswa kuda-kuda, mahasiswa tipe kue-kue ini juga pandai dalam memanajemen waktu yang ada. Kesibukannya sebagai mahasiswa tidak memundurkan mereka untuk melanjutkanya dengan bekerja.

Biasanya mereka menyelesaikan tugas kuliah kemudian langsung berangkat untuk bekerja. Pengalaman bekerja dan mendapatkan tambahan uang menjadi pemicu mereka untuk tidak ragu kuliah sambil bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tips glowing

Berita Lainnya

Berita

Terbaru