10 Tips Tahan Banting saat Ujian Skripsi, Dijamin Plong sampai Lulus

Jun 17, 2022 11:44
Ilustrasi (Ist).
Ilustrasi (Ist).

JATIMTIMES - Sidang skripsi memang menjadi salah satu momen yang cukup mendebarkan bahkan membuat jantung seakan mau copot. Tak sedikit mahasiswa yang dihantui bayangan dosen seolah menjelma sebagai dalbo yang sewaktu-waktu bisa menerjang mahasiswa.

Seperti yang diketahui, umumnya tugas skripsi merupakan salah satu syarat utama kelulusan di perguruan tinggi. Sehingga, setiap mahasiswa wajib hukumnya menulis skripsi sebagai syarat kelulusan. Selain itu, mahasiswa juga harus dapat memberikan pengetahuan, keterampilan, gambaran dari analisis ilmu yang telah di tulisnya.

Tapi entah mengapa, imajinasi tiap mahasiswa selalu dihantui ujian akhir skripsi. Latihan presentasi di depan cermin, menyiapkan bahan pustaka sekaya mungkin, sowan ke kediaman dosen pembimbing, dan sejenisnya nyaris semua jurus dilakukan. Tapi, lagi-lagi itu masih tidak menjamin tuntas agar dapat menggapai nilai cumlaude dalam skripsi.

Buat kalian yang hendak menghadapi sidang skripsi, tak perlu khawatir. Siapkan mental dan beberapa tips berikut yang mungkin bisa membantu kalian dalam menjalani sidang skripsi ya.

1. Pelajari kebiasaan penguji 

Mahasiswa harus tahu tradisi-tradisi sebelumnya yang pernah dilakukan oleh penguji. Penting bagi mahasiswa untuk melihat ujian skripsi terdahulu seperti jenis pertanyaannya, emosional penguji dalam berkomentar, gerak geriknya, sampai mesti tahu suasana batin penguji sedang baik atau buruk. Hal ini semua sebagai antisipasi penolong agar tahu bagaimana nantinya bersikap

2. Tidur yang cukup

Sudah menyiapkan semuanya secara matang, jangan sampai semua sia-sia karena kurang tidur. Latihan presentasi harus jauh hari agar kita dapat terbiasa saat ujian skripsi. Seimbangkan semuanya dengan tidur yang cukup agar di hari besar telah tiba pikiran jernih dan tubuh tetap segar. Hindari begadang pada saat malam menjelang ujian skripsi.

3. Mengenakan pakaian rapi dan sopan 

Jangan sampai mengenakan pakaian yang asal pakai. Lihat dress code yang telah ditentukan. Biasanya mengenakan atasan putih dan bawahan hitam. Jangan sampai mengenakan pakaian yang warna-warni atau salah kostum saat di ruang persidangan.

4. Optimis, percaya diri, dan berdoa

Perlu ditanamkan dalam diri agar selalu optimis dan percaya diri. Stop merasa khawatir, dan menyiapkan diri dengan berdoa untuk sidang yang akan dihadapi depan mata. Bisa dengan melontarkan kalimat-kalimat positif pada diri dan tak lupa berdoa sebelum ujian skripsi berlangsung

5. Minta sidang terbuka untuk umum 

Tidak dipungkiri sidang tertutup akan lebih aman dan nyaman. Sebaliknya sidang yang terbuka untuk umum dapat dijadikan intimidasi penguji secara tidak langsung, karena ada banyak teman-temanmu yang akan mendukung bersorak secara langsung. Jangan lupa untuk briefing dan kasih kode, misal kalau anda pupus bingung, penonton bisa memekik "cemangat kak."

6. Terima masukan penguji 

Sebenarnya penguji tidak memaksakan mahasiswa untuk mengetahui semua hal. Masih dimaklumi jika kalian tidak dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh penguji. Penguji juga bisa tidak setuju dengan apa yang ada di skripsi kalian. Jika mahasiswa dapat masukan atau harus dengan revisi baru lulus ujian, terima atas masukan tersebut.

7. Hindari argumen yang tidak masuk akal 

Pada saat  menjawab pertanyaan hindari pernyataan berbelit-belit yang tidak masuk akal. Dibandingkan harus berdebat jawab dengan logis pertanyaannya, justru dewan penguji akan menghargainya.

8. Catat masukkan tanggapan penguji 

Beberapa mahasiswa harus merevisi skripsinya dalam waktu tertentu yang telah diberikan setelah sidang. Catatan masukkan untuk merevisi skripsi diberikan oleh dosen penguji saat sidang berlangsung. Maka dari itu, pastikan Anda memperhatikan dengan baik dan paham atas setiap masukan. Jangan lupa catat poin-poin revisi yang diberikan. Jika kurang jelas anda dapat memberikan pertanyaan, hal ini berkesempatan untuk membuka diskusi dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sidang skripsiproduk umkm lumajangPerguruan Tinggi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru