Ayo Gercep, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Raport Masih Dibuka

Jun 16, 2022 10:14
Kampus Universitas Brawijaya (Ist)
Kampus Universitas Brawijaya (Ist)

JATIMTIMES - Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Brawijaya (UB) melalui jalur mandiri, khususnya melalui jalur nilai raport, masih dibuka. Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) jalur nilai raport ini masih dibuka hingga 24 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. 

Kasubdiv Humas dan Kearsipan Kotok Gurito SE menjelaskan, SMUB ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai raport serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan. "Iya (pendaftaran dibuka) sampai 24 Juni 2022," ungkap Kotok.

Untuk mengikuti jalur nilai raport ini, terdapat beberapa persyaratan. Mereka yang ingin mengikuti jalur ini harus merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah. 

Kemudian siswa melas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi, wajib memiliki SKL (surat keterangan lulus) atau surat keterangan kelas XII yang ditandatangani kepala sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah dengan stempel terkena foto. Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. 

Lulusan tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima wajib mengunggah dokumen kelulusan berupa SKL/Ijazah saat registrasi. Jika siswa tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan, maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya.

Persyaratan selanjutnya, lulusan sekolah di luar negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemendikbud dan memiliki NISN (nomor induk siswa nasional)  yang terdaftar di NPSN (nilai pokok sekolah nasional). Terakhir, peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Sedangkan  pengisian data nilai raport adalah nilai mata pelajaran matematika (wajib), bahasa Indonesia, bahasa Inggris (wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi. Matematika minat tidak masuk dalam perhitungan rata-rata.

Kemudian, nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan. Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1, diurutkan semester 3, 4, dan 5 yang telah dilegalisir sekolah. Kelas akselerasi 2 tahun (4 semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah. Kelas akselerasi 6 semester .engunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.

Selain itu, peserta harus mengisi nilai akreditasi sekolah (SMA/MA) dan SMK yang masih berlaku. Hal ini dapat dikonfirmasi pada pihak sekolah/guru BK (bimbingan konseling). Pengisian dalam bentuk huruf dan angka.

Sementara itu, pilihan program studi yang ditawarkan terdiri dari tiga  kelompok, yaitu kelompok saintek, kelompok soshum dan campuran. Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 program studi dari kelompok saintek atau kelompok soshum dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada kelompok PS D3, D4 atau sarjana. "Untuk kuotanya secara keseluruhan jalur mandiri 50 persen (8.570 orang)," jelasnya.

Untuk biaya pendaftaran seleksi mandiri UB 2022 adalah sebesar Rp 350.000. Pengumuman hasil seleksi mandiri jalur raport pada 26 Juni 2022.

 Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme pendaftaran, simak di laman https://selma.ub.ac.id atau bisa mengajukan pertanyaan melalui https://haloselma.ub.ac.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas BrawijayaTahukah AndaPenerimaan mahasiswa baru UBSeleksi mandiri UB

Berita Lainnya

Berita

Terbaru