Kisah Wanita yang Dinikahkan Tanpa Wali dan Saksi

Jun 09, 2022 09:47
Ilustrasi wanita Sholihah (pixabay)
Ilustrasi wanita Sholihah (pixabay)

JATIMTIMES - Jika seorang wanita dinikahkan oleh walinya, berbeda dengan wanita ini. Ia dinikahkan langsung oleh Allah atas Arsy-Nya. Sehingga ketika seseorang istimewa yang melamarnya, maka Allah pun berkenan untuk menikahkan keduanya tanpa wali dan saksi. Kisah ini pun diabadikan dalam Alquran. Lantas siapa wanita yang dinikahkan Allah itu?.

Diolah dari channel Tafakkur Fiddin, sosok wanita tersebut adalah Ummul Mu'minin Zainab. Ia merupakan putri dari Umaimah Binti Abdul Muthalib bin Hasyim, bibi Rasulullah dari pihak Allah. Setelah diceraikan oleh sang suami, Zainab mendapatkan lamaran dari seseorang yang begitu mulia, yang mana hal ini tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Meskipun begitu, saat itu Zainab tidak segera mengiyakan lamaran tersebut. Ia masih ingin meminta petunjuk Allah SWT tentang lamaran tersebut. Sebab, masih sulit baginya untuk menerima lamaran dari seorang pria yang merupakan ayah angkat bagi suaminya dulu.

Rasulullah SAW merupakan ayah angkat dari Zaid bin Haritsah RA, yang merupakan suami Zainab sebelumnya.
Zainab merasa khawatir akan pendapat orang jika ia menerima lamaran Rasulullah. Saat itu ia juga merasa ragu, apakah hal tersebut juga diperbolehkan dalam Islam.

Zainab kemudian berdoa, "Ya Allah, Rasul-Mu mengirimkan utusannya untuk meminang saya. Seandainya saya pantas menjadi istri beliau, maka nikahkanlah saya dengan beliau,".

Allah SWT kemudian berfirman, "Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadamu : Tahanlah terus istrimu dan bertakwalah kepada Allah, "sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut pada manusia, sedang Allah lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), kami kawinkan kamu dengan dia supaya tidak ada kepadatan bagi orang mukmin untuk (mengawini) istri-istri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya daripada istrinya. Dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi" (QS AlAhzab 37)

Ayat ini pun kemudian menjadi kabar gembira bagi Zaenab. Bahkan karena gembiranya, maka ia pun langsung bersujud. Dengan demikian, Allah pun meninggalkan Zainab dengan Rasulullah dengan Nash Kitab-Nya tanpa wali dan tanpa saksi.

Pernikahan ini pun kemudian menjadi dasar hukum bagi umat muslim, agar tidak ragu untuk menikahi mantan istri dari anak angkatnya sendiri. Hal ini juga akan menjelaskan, jika kedudukan tidaklah sama dengan kedudukan anak kandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
zainabnikah tanpa waliallah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru