Malangtimes

7 Daerah Terdingin di Indonesia, Kota Batu Terdingin Urutan ke-3 di Pulau Jawa

Jun 01, 2022 14:25
Wisatawan saat melihat bianglala di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat melihat bianglala di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Negara Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa membuatnya cenderung mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dengan melimpah. Tapi, di Indonesia juga memiliki daerah yang terdingin seperti tercatat dari data www.goodstats.id. Terdapat 7 daerah terdingin di Indonesia.

Kota Batu, Jawa Timur jadi salah satu daerah terdingin yang masuk dalam data tersebut. Kota Batu memiliki suhu 12-19 derajat celcius dan menjadi daerah terdingin di pulau Jawa. Disusul daerah kedua terdingin di Jawa adalah Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Ciwidey memiliki suhu mencapi 13 derajat celcius.

Sementara 7 daerah terdingin di Indonesia urutannya sesuai data adalah sebagai berikut:

1. Mulia, Papua

Mulia menjadi daerah terdingin di Indonesia. Kota Mulia adalah sebuah distrik yang juga merupakan pusat pemerintahan atau ibu kota dari Kabupaten Puncak Jaya, di provinsi Papua. Kota ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Dengan memiliki suhu mencapai   9 derajat celcius.

2. Waghete, Papua

Masih di Provinisi Papua, Kota Waghete menjadi daerah terdingin kedua setelah Mulia. Lebih tepatnya Waghete merupakan sebuah desa/kelurahan di Kabupaten Deiyai, Papua. Di sana memiliki suhu mencapai 10-15 derajat celcius.

3: Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu menjadi kota terdingin diurutan nomor 3 di Indonesia. Sementara di Jawa menjadi yang terdingin. Kota Batu merupakan kota wisata yang cocok bagi kalian yang ingin berlibur sambil menikmati udara yang dingin nan sejuk.

4. Ciwidey, Bandung

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak 35 kilometer di sebelah selatan Kota Bandung, atau sekitar 15 kilometer dari Soreang, ibukota Kabupaten Bandung. Di sana juga dikenal dengan beragam tempat wisatanya. Suhu di kawasan tersebut mencapai 13 derajat celcius.

5. Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Berastagi merupakan kecamatan terbesar kedua di dataran tinggi karo setelah Kabanjahe. Berastagi merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Sumatera Utara. Di sana memiliki suhu mencapai 20 derajat celcius.

6. Mamasa, Sulawesi Utara

Mamasa adalah salah satu daerah tingkat II atau kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Suhu di daerah tersebut mencapai 23 derajat celcius.

7. Gayo Lues, Aceh

Yang terakhir kawasan ini memiliki suhu 24 derajat celcius yakni Gayo Lues. Merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di provinsi Aceh di Indonesia. Pemerintah daerah kabupaten dan ibu kotanya berada di kota Blangkejeren, Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Aceh Tenggara dari 57 persen wilayahnya di mekarkan pada tahun 2002 untuk memebentuk kabupaten Gayo Lues.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru