Konsep Hotel Terunik di Dunia, Indonesia Memiliki Salah Satunya

May 30, 2022 09:24
Konsep Hotel Terunik di Dunia (Foto: YouTube)
Konsep Hotel Terunik di Dunia (Foto: YouTube)

JATIMTIMES - Untuk menarik para pengunjung, setiap hotel di seluruh dunia pasti berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang terkesan unik. Persaingan yang semakin hari semakin ketat, membuat para pemiliknya harus mengeluarkan ide kreatif untuk membuat hotel mereka semenarik mungkin. 

Baik itu dalam bentuk layanan unik ataupun desain bangunan yang tak biasa, akan tetapi tetap menomor satukan fasilitas yang ada di dalamnya. Berikut ini rangkuman dari banyaknya hotel-hotel paling unik di dunia dikutip dari kanal YouTube Daftar 5, Kamis (26/5/2022):

1. Manta Resort

Hotel 1

Manta Resort merupakan hotel unik yang berada di Pulau Pemba, Kepulauan Zanzibar Tanzania. Hotel unik ini memperkenalkan konsep baru berupa hotel yang bisa terapung di tengah laut. 

Bahkan hotel ini layak dinobatkan sebagai juara The World's Most Spectacular Hotels. The Manta Resort sendiri merupakan hotel terapung di tengah lautan Samudera Hindia. 

Jarak hotel dengan tepian pantai dari samudera tersebut sekitar 300 meter. CEO dari The Manta Resort sendiri menyebutkan bahwa hotel ini bagaikan sebuah pulau kecil yang dibekali dengan segala fasilitas sekelas hotel mewah. 

Hotel ini dibekali dengan luar ruangan yang menakjubkan. Yakni ruangan atas yang dibekali dengan sofa dan ruang teras untuk berjemur. 

Di malam hari pengunjung bisa naik ke atas hotel untuk menikmati kerlap kerlip bintang dan sajian spesial lainnya yang penuh kedamaian. Sementara di ruang bawah hotel ini pengunjung akan menemukan kamar tidur. Dan uniknya kamar tidur tersebut ada di kedalaman 13 mdpl dengan dinding-dinding kaca di sekitarnya. 

Di sini pengunjung bisa menikmati sensasi tidur di dalam laut dengan ikan warna-warni yang sangat menakjubkan. Untuk bisa menikmati fasilitas unik dari hotel ini, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar USD 900 atau sekitar 12 juta per malam untuk tipe kamar double dan USD 750 atau setara 10 jutaan per malam untuk tipe kamar single. 

2. The Bunker Hotel 

Hotel 2

The Bunker Hotel merupakan transformasi bekas perang dunia. Dari luar bentuk hotel ini memang terlihat seperti sebuah bunker, karena terlihat sangat kokoh dan tersembunyi. 

Tapi begitu melangkahkan kaki masuk ke dalam, pengunjung akan dibuat terkejut oleh penampakannya. Bunker ini sendiri sudah disulap menjadi sebuah penginapan dengan 4 buah kamar tidur. 

Penginapan ini juga sudah dilengkapi dengan ruangan keluarga yang luas dan bersofa, serta ruang makan yang tepat berada di sebelahnya. Hotel ini juga dilengkapi dengan dapur dan ruangan keluarga yang dilengkapi tv hingga piano. 

Kamar tidur di hotel ini ada 4 buah. 2 kamar dengan kasur berukuran single dan 2 kamar berukuran double. Kamar itu juga dilengkapi dengan kamar mandi yang bisa dibandingkan dengan hotel mewah lainnya. 

Uniknya, hotel bunker ini menggunakan pencahayaan alami dari lubang-lubang yang dilengkapi dengan kaca pelindung. Karena lubang cahayanya berada di atas, maka tirai gordennya pun dibuat menempel di langit-langit untuk menutup lubang tersebut. 

Untuk bisa menginap di hotel Bunker ini pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar 20 poundsterling atau sekitar Rp 386 ribu per orang per malam. 

3. Hotel Crane

Hotel 3

Salah satu hotel unik di dunia yang terlihat sedikit ekstrem yaitu Hotel Crane yang berada di Amsterdam, Belanda. Hotel ini sebenarnya adalah mobil derek atau crane bekas yang dimiliki seorang pria bernama Edwin Cormen. 

Beliau membutuhkan waktu 3 tahun untuk mengubah crane bekas itu hingga menjadi sebuah hotel yang cukup unik. Diketahui, hotel ini tidak terletak di tengah pusat kota, melainkan di sebuah pelabuhan. 

Itulah sebabnya ketika menginap di sini, pengunjung tinggal membuka jendela dan akan disuguhkan pemandangan yang indah dari atas hotel crane tersebut. Untuk memasuki kamar hotel ini, pengunjung harus menaiki anak tangga, lalu menggunakan lift untuk bisa mencapai puncak. 

Hal tersebut dilakukan karena kamar hotel ini berada di ketinggilan 45 meter di atas tanah. 

4. Kakslauttanen Hotel

Hotel 4

Bagi para traveller yang menggilai salju, Finlandia adalah salah satu negara yang harus dikunjungi. Apalagi di negara ini ada sebuah hotel yang cukup unik yaitu Kakslauttanen Hotel. 

Di sana membentang hamparan salju yang sangat indah dan menakjubkan. Selain itu, pengunjung hotel juga disuguhkan dengan restoran salju terbesar di dunia. 

Para tamu bisa melakukan kegiatan dan menikmatinya di musim dingin. Termasuk eksotisme cahaya utara dan aurora borialis yang terlihat di bulan tertentu.

Hotel ini dikelilingi pemandangan yang sangat menakjubkan. Hotel tersebut, menawarkan kamar berupa 32 lokabin, 20 iglosalju dan 20 iglokaca. 

Tidur di iglo yang terbuat dari salju benar-benar menenangkan dengan lampu yang berada di dalam es yang menerangi iglo tersebut. 

5. Ice Hotel

Hotel 5

Di Swedia ada sebuah hotel yang cukup unik yaitu Ice Hotel. Ice hotel ini dibangun dari ribuan ton salju dan es serta berdiri di Desa Jugas Jarti Utara Lans Swedia. 

Ice Hotel pertama kali diciptakan pada awal 1990-an dan seiring berkembangnya zaman, hotel tersebut semakin mendunia. Spesifikasi dan karakteristik dari hotel ini diakui terinspirasi dari hotel sejenis yang berada di Amerika Utara. 

Untuk bisa menginap di hotel ini, pengunjung harus membayar USD 400 hingga USD 550 atau sekitar 5-7 juta per malam. Ada 4 tipe kamar yang ditawarkan di hotel ini. 

Pengunjung bisa tidur di tempat tidur yang dibuat dari es dan ditutupi oleh lembar isolasi kulit rusa dan suhu di dalam kamar ada di level -5 derajat celcius. 

6. Frying Pan Hotel

Hotel 6

Frying Pan Hotel bisa dibilang sebagai penginapan atau hotel paling berbahaya di dunia. Hotel ini terletak di lepas pantai. 

Hotel ini memang jadi tantangan tersendiri bagi para pengunjungnya. Hal ini disebabkan karena pengunjung akan ditantang untuk tinggal di sebuah tower yang tepat berdiri di tengah laut. 

Di mana setiap harinya tempat itu akan dikelilingi ikan hiu yang bebas berenang tepat di bawah bangunan tower tersebut. Meski begitu, hotel ini juga menyediakan fasilitas yang para pengunjung butuhkan. 

Pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan malam yang sangat luar biasa dari hotel yang cukup sederhana ini. Makanya tak heran meski dinobatkan sebagai hotel paling berbahaya di dunia, hotel ini tetap didatangi turis-turis yang gemar memancing. 

Untuk bisa menginap di hotel ini, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar 500 dollar Amerika atau sekitar Rp 7 juta per malam. 

7. Ufo Hotel 

Hotel 7

Pada tahun 2016, di Swedia ada sebuah hotel yang menyediakan kamar berbentuk UFO di tengah hutan. Hotel tersebut adalah Ufo Hotel. 

Hotel tersebut merupakan salah satu hotel  yang menawarkan penginapan dengan konsep unik. Ada yang berbentuk kabin, kotak kaca, sarang burung, dan yang paling unik yaitu berbentuk Ufo. 

Tak hanya bentuknya yang menyerupai Ufo, namun interior di dalamnya juga disesuaikan dengan tema luar angkasa. Diketahui bahwa The Ufo adalah salah satu tipe hotel dari Three hotel. 

Kamar hotel ini memiliki luas sekitar 30 meter persegi dan di dalamnya terdapat sofa, tempat tidur, kamar mandi dan ruang makan. Satu kamar dapat digunakan sampai 5 orang dengan 1 double bad dan 3 single bad. 

Para pengunjung juga bisa merasakan udara segar dan pemandangan yang indah dari dalam kamar. Untuk bisa menginap di hotel ini, pengunjung harus mengeluarkan biaya 4.900 Swedih Krona atau setara dengan Rp 7.203.000. 

Sedangkan untuk biaya ekstra dewasa harus menambah SEK 840 atau Rp 1.249.000 dan ekstra anak-anak SEK 500 atau RP 735 ribu. 

8. Magic Mountain Hotel

Hotel 7

Hotel ini menjadi salah satu hotel paling aneh di dunia. Hotel ini berada di Patagonia. 

Tinggal di hotel ini diibaratkan tinggal di syair. Sebuah kota hobit di film The Lord off The Rings. 

Diketahui, bahwa hotel unik ini dibangun seperti sebuah gunung yang dipenuhi dengan rumput di dalam hutan. Hotel ini hanya bisa diakses melalui jembatan gantung. 

Awalnya hotel ini hanya ditujukan untuk para turis pecinta alam. Namun sekarang hotel ini diduga tersedia untuk para petualang yang mencari sensasi berlibur di tengah hutan. 

Para tamu tak perlu khawatir dengan keamanan hotel ini. Sebab hotel ini dibangun dengan bahan yang berkualitas tinggi dan selaras dengan alam. 

Biaya untuk menginap di hotel ini yaitu sebsar USD 215 atau RP 3 juta. 

9. Waldseilgarten Hollschlucht

Hotel 8

Hotel Waldseilgarten Hollschlucht menawarkan sensasi menginap dan menghabiskan malam di luar ruangan dengan suasana yang cukup menyenangkan. 

Sensai yang didapat saat menginap di hotel ini bukan seperti kemah pada umumnya. Melainkan, kemahnya digantung di atas pohon. 

Namun, konsep dari hotel ini tidak ramah bagi mereka yang takut ketinggian. Pasalnya kamar dari hotel ini dibuat menggantung di atas pohon dan tebing. 

Tempat tidur yang digunakan semacam kelambu tebal yang digantung di cabang pohon yang kuat. Tidak tanggung-tanggung, tinggi tebing ini sekiranya 1000-2000 meter. 

Untuk toilet sendiri, hotel ini sudah menyiapkan dan letaknya berada tak jauh dari kemah. Sementara untuk pengunjung yang ingin mandi bisa langsung menuju air terjun yang ada di dekat sana. 

10. Salt Hotel Luna Salada

Hotel 10

Seperti namanya, hotel ini dibuat dengan material garam dan dindingnya terbuat dari blok garam. Bahkan lantainya ditaburi dengan kristal garam. 

Berdiri di atas lahan seluas 1.300 meter persegi dan berlokasi di lembah garam terbesar di dunia, yaitu Salar de Uyuni. Hotel ini menggunakan garap sebanyak 1.500 blok yang berukuran 35 cm untuk seluruh bangunan. 

Mulai dari furniture, lantai, dinding bahkan langit-langit. Selain pemandangan di luar, keindahan menginap di hotel ini juga bisa didapat dimulai dari kamar sendiri. 

Ada di kamar hotel ini, pengunjung akan dibanjiri dengan putihnya garam seperti dibawa ke dunia lain. Setelah melihat keluar pengunjung akan berpikir ini bukan di bumi. 

Hal tersebut karena begitu besarnya hamparan putih hingga tidak terbatas menciptakan perasaan yang tidak dapat tertandingi. 

11. Skylodge Hotel

Hotel 11

Tak kalah dengan luar negeri, di Indonesia sendiri juga memiliki sebuah hotel yang cukup unik dan menantang, yaitu Skylodge Hotel. Hotel ini berlokasi di Gunung Parang, Purwakarta. 

Hotel ini bahkan dinobatkan sebagai tempat menginap tertinggi di dunia. Tempatnya berada di ketinggian 500 meter di atas tanah. 

Gunung Parang selama ini memang sudah dikenal sebagai kawasan panjat tebing hingga mancanegara. Dengan bebatuan desit raksasa yang memiliki ketinggian 1000 meter menyebarkan pesona tersendiri ditambah lagi dengan pemandangan yang sangat eksotis. 

Di atas ketinggian itu pula dibangun penginapan yang cocok untuk menguji adrenalin. Selain menanjak, tembok kamar hotel ini juga terbuat dari kaca hingga semakin menguji nyali saat sudah ada di dalamnya. 

Ini membuat sensasi seperti sedang melayang di udara. Dan saat membuka jendela para pengunjung langsung dihadapkan dengan pemandangan yang asri dari ketinggian tebing tersebut. 

12. Null Stern Hotel 

Hotel 12

Demi menarik wisatawan, hotel yang ada di Swiss ini memiliki penawaran yang menarik. Penawaran tersebut adalah sebuah kamar hotel tanpa dinding dan barang properti lainnya. 

Para pengunjung hanya akan disediakan sebuah kasur dan 2 lampu untuk penerangan. Namun pengunjung akan akan mendapat sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan dari konsep hotel ini. 

Hotel ini terletak di 6.463 kaki dari permukaan laut di lereng gunung growunden, Swiss. Selain itu pengunjung tidak akan menemukan kamar mandi di dalam kamar. 

Namun ada toilet umum yang berjarak sekitar 10 menit dari lokasi hotel tersebut. Di pagi hari, pihak hotel menyediakan sarapan lezat berupa roti salami berisikan daging asap dan secangkir kopi. 

Untuk menginap di hotel ini pengunjung barus mengeluarkan biaya USD 25 atau sekitar Rp 400 ribu per malam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hotel unikhotel unik di duniaHotel Murah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru