Viral Akun TikTok Unggah Video Narasikan Jokowi akan Masuk Katolik, Ini Fakta Sebenarnya

May 24, 2022 09:34
Viral Akun TikTok Unggah Video Narasikan Jokowi akan Masuk Katolik (Foto: TikTok)
Viral Akun TikTok Unggah Video Narasikan Jokowi akan Masuk Katolik (Foto: TikTok)

JATIMTIMES - Jagad maya dihebohkan dengan sebuah video yang menarasikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berpindah agama Katolik. Video itu diunggah oleh akun TikTok @nomortujulaia Senin (23/5/2022) dan menjadi viral. 

Dalam video itu, terlihat seorang pria yang menggunakan singlet putih. Penampilannya berkumis dan berjenggot. 

Pria itu rupanya  memeragakan narasi yang mengatakan "Presiden Jokowi menyatakan keinginannya untuk pindah agama menjadi Katolik." Pria tersebut tampak antusias dengan merapatkan tangannya, seakan-akan ia yang berbicara. 

Padahal jika dilihat, pria itu hanya menirukan apa yang dibicarakan oleh seorang pria yang terdengar di video itu. Tak ayal, video itu langsung mendapat berbagai macam komentar dari warganet. 

Beberapa meragukan video tersebut bahkan geram dengan ulah pria dalam video itu. 

Elpina_Tampubolon: "hati" kamu bisa dipidana."

[email protected]: "ada2 sj,,,, pak presiden org beriman tdk mungkin."

Kustati212: "astaghfirullah halazim."

AndrE.(( Sumsel )): "Kok situ tau,curhat SM dirimu ya."

epan lula: "ada lanjutannya kakek."

Mimie Rinjhim Tick: "Coba lihat asli video ini sampai habis,jadi ngga gagal paham."

Buke_alrafi: "untung sy demgr dn liat vdio full nya.. "

Ditelusuri MalangTIMES.com, ternyata video tersebut telah dipotong oleh pemilik akun TikTok tersebut. Ternyata, dari kalimat yang menyebutkan bahwa Jokowi akan berpindah agama Katolik masih ada penjelasan lebih lanjut di video fullnya. 

Video full pernyataan tersebut diunggah di kanal YouTube AR Doctor dengan judul "Presiden joko widodo pindah agama katolik?".

"Presiden joko widodo pindah agama katolik?
Setelah saya mendengarkan sampai akhir, akhirnya saya tidak gagal paham.
ditakutkan ada yang potong dan memanfaatkan apalagi sudah dekat 2024
di video ini meluruskan bila ada potongan yang viral inilah video fullnya.
tonton sampai selesai agar paham maksudnya," tulis keterangan kanal AR Doctor. 

Dalam video itu, terlihat seorang pastur yang sedang berdiri di poodium. Awalnya, pendeta tersebut memang menyatakan kalimat "Presiden Jokowi menyatakan keinginannya untuk pindah agama menjadi Katolik."

Kemudian pastur itu terlihat berhenti sejenak. Ia lantas melanjutkan pernyataannya. 

"Ini menggemparkan. Mendengar berita ini Anda pasti kaget dan terheran-heran penuh tanya. Dan pertanyaan yang paling kuat muncul adalah "Dari mana asal berita itu?"," tanya pastur tersebut. 

"Siapa yang bilang, siapa yang beritakan sumbernya dari mana. Kalau saya bilang sumbernya dari cerita seorang petani di Mondoinding maka Anda akan mulai meragukannya atau malah tidak percaya lagi," kata pastur itu lagi. 

"Tetapi kalau saya bilang sumbernya dari Istana Negara atau Sekretariat Negara maka Anda bisa yakin akan hal itu. Saudara-saudari sekalian ini hanya ilustrasi dan berlaku untuk semua informasi yang kita dapat setiap hari kita akan selalu bertanya tentang dari mana informasi itu berasal," kelakar pastur tersebut. 

Namun hingga berita ini ditulis, belum diketahui siapa pastur tersebut dan di mana lokasi gereja itu. Selain itu, belum diketahui pula apa maksud pastur itu menggunakan nama Presiden Jokowi sebagai ilustrasi. 

Sehingga bisa dipastikan bahwa berita Jokowi akan berpindah keyakinan itu adalah hoax. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
JokowiViralvideo viralwapres makruf amin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru