Manfaat Rebusan 10 Lembar Daun Kersen, Atasi Diabetes hingga Tumor

May 24, 2022 08:20
Daun kersen (Foto: saccbiert)
Daun kersen (Foto: saccbiert)

JATIMTIMES - Penyakit mematikan biasanya selalu ditangani dengan operasi atau obat-obatan kimia. Namun, ternyata banyak penyakit mematikan yang bisa ditangani dengan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit adalah daun kersen. Tanaman kersen tentu sudah familiar di sekitar masyarakat. 

Buahnya yang kecil bulat seperti cherry sering jadi mainan anak tahun 90 hingga 2000-an awal. Biasanya pohon kersen akan dinaiki oleh anak-anak untuk mengambil buah kersen yang enak rasanya.

Tak cuma buahnya, ternyata ada juga manfaat daun kersen yang harus diketahui. Manfaat daun kersen bisa kita rasakan dengan meminum air rebusannya.

Air rebusan daun kersen, bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti diabetes. Diketahui sebelumnya meski sering dijumpai di Indonesia, pohon kersen ternyata berasal dari Amerika. 

Punya nama latin Muntingia calabura L berasal dari Amerika Tropis tepatnya di Meksiko Selatan, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, Peru, dan Bolivia.

Biasa jadi buah yang diburu anak-anak kecil, ternyata ada manfaat buah kersen atau daunnya untuk atasi penyakit mematikan. Tak hanya manfaat buah kersen yang banyak, ternyata daunnya juga tak kalah memiliki segudang khasiat. 

Daun kersen atau daun talok sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Daun kersen ternyata mempunyai kandungan saponin serta flavonoid.

Dua kandungan ini yang melakukan tindakan sebagai anti oksidan sampai bisa menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh badan untuk metabolisme gula.

Sebenarnya menggunakan daun kersen untuk turunkan gula darah yang tinggi sudah ditangani sejak jaman dahulu. 

Berikut cara membuat ramuan daun kersen:

Pertama, sediakan 10 lembar daun kersen sampai air jadi kuning lalu diminum keseharian. Jangan sampai berhenti, terlebih dulu rasakan pergantian.

Kita juga bisa keringkan atau jemur daun kersen beberapa waktu, lalu di seduh seperti teh. Selain manfaat daun kersen sebagai obat diabetes, ada juga manfaat lain dari daun kersen. 

Yakni mencegah perubahan tumor dan mencegah peradangan serta inflamasi serta jadi antiseptik terbaik. Bisa juga melindungi manfaat otot jantung.

Satu penelitian telah dibuktikan jika daun kersen bekerja aktif membuat perlindungan manfaat otot jantung. Cukup meminum air rebusan dengan cara teratur, jantung akan terlindungi dari rusaknya karena racun yang masuk pada badan.

Kolesterol tinggi juga satu di antara penyakit yang bisa pulih oleh daun kersen.
Minum air rebusan 3 gelas sehari kolesterol insya allah akan turun.

Dengan mengkonsumsi 9 buah kersen setiap hari badan akan lepas dari penyakit asam urat. Buah kersen bisa menjadikan pengganti buah apel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
daun kersenmanfaat daun kersentiktok zina

Berita Lainnya

Berita

Terbaru