dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Kopi Pahit untuk Rontokkan Lemak dengan Mudah

May 23, 2022 08:17
Kopi (Foto: Coffeeland Indonesia)
Kopi (Foto: Coffeeland Indonesia)

JATIMTIMES - Tak sedikit orang yang gemar meminum kopi pahit. Meski rasanya pahit, namun jenis kopi ini cukup populer di sebagian kalangan. Terlepas dari itu, banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat kopi pahit untuk kesehatan. 

Menurut dokter yang juga pendakwah dr. Zaidul Akbar, kopi pahit memiliki manfaat untuk kesehatan. Salasatunya yaitu bisa merontokkan lemak pada tubuh.

"Kopi pahit tanpa tambahan gula atau pemanis apapun mempunyai khasiat untuk merontokkan lemak dalam tubuh," jelas dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dari Instagram pribadinya, Senin (23/5/2022). 

dr. Zaidul Akbar mengatakan, kopi pahit sangat ampuh untuk merontokkan lemak. Hal itu karena kopi pahit kandungan senyawa tertentu. Senyawa itu adalah kafein yang bisa membuat kita yang mengkonsumsinya merasakan sensasi kenyang.

"Obrolan saya dengan salah satu sahabat saya mengenai bahan ini. Dimulai dari mengapa orang yang menikmati bahan di atas (kopi), bawaannya nggak pengen makan alias males makan. Ternyata jawabannya adalah bahan tersebut memicu pengeluaran insulin. Sehingga seakan-akan tubuh sedang banyak glukosa, karena insulin dikeluarkan tubuh untuk memasukkan glukosa ke dalam sel," tulis dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, ia mengatakan senyawa kafein tersebut bisa menekan nafsu makan. Sehingga memicu pengeluaran insulin dan seakan-akan tubuh penuh glukosa.

dr. Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa mengkonsumsi kopi pahit sangat baik bagi seseorang yang ingin merontokkan lemak. Hanya dengan mengkonsumsi kopi, lemak di tubuh kita bisa hilang dengan mudah.

"Artinya jika ada kandungan lemak-lemak yang mau dirontokin di tubuh, ya minum aja kopi (kopi beneran dan tanpa gula) dengan catatan ya tidak berlebihan dan sesuaikan dengan kondisi tubuhnya," ujar dr. Zaidul Akbar.

Jika meminum kopi dengan tambahan gula pasir atau pemanis lainnya, ia mengatakan sistem pada tubuh akan menjadi kacau. Sehingga membuat tubuh menjadi banjir glukosa.

Selain kopi pahit, dr. Zaidul Akbar menerangkan bahwa mengkonsumsi kayu manis yang dijadikan teh atau teh hijau juga ampuh untuk merontokkan lemak pada tubuh.

"Itu sebabnya di beberapa penjelasan ahli yang mau bakar-bakaran lemak ya bisa minum kopi pahit, kayu manis atau teh hijau. Begitu kata mereka untuk menurunkan sensasi lapar di tubuh," cetus dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbarKopi pahitmanfaat kopi pahitkartu prakerja gelombang 30

Berita Lainnya

Berita

Terbaru