Banjir Pro-Kontra, Akun Instagram Bule Bertato Ganesha di Paha Mendadak Hilang

May 22, 2022 14:23
Bule bertato Ganesha di paha. (Foto: Instagram)
Bule bertato Ganesha di paha. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Media sosial digegerkan dengan seorang bule wanita di Bali yang bertato Dewa Ganesha di bagian paha. Tak ayal, bule itu pun langsung dibanjiri pro-kontra oleh warganet. 

Mulai dari arti Ganesha sampai izin usaha milik bule pun jadi sorotan. Bule asal Rusia dengan akun Instagram @jullisoul itu pun kini menjadi viral. 

Tato berwujud Dewa Ganesha di paha kanannya menuai protes. Bermula dari unggahan Ni Luh Djelantik, tato di paha bule ini dinilai kurang pantas. 

"PESAN ini masukan untuk artis tato di Bali memberikan edukasi pada calon pelanggannya. Kami hormati karya seni tapi tolong letakkan pada tempatnya. Cari makan di Bali ya belajar dan dalami adat dan budaya kami. Silakan protes. Mbok hormati. It takes two to tango ya. Ingat letakkan posisi kalian di posisi kami sebelum berlomba menghakimi. Suksma," tulis Ni Luh Djelantik di akun Instagramnya @Niluhdjelantik. 

Tak ayal, warganet pun ramai-ramai berpendapat di kolom komentar. "Sepertinya kali ini agak berlebihan mbok, justru dengan dia memakai tatto Ganesha , berati dia mengidolakan nya.. mohon koreksi kalo salah..," komentar @jayageksi.

"Menghapus bukan perkara gampang mbok. Menyakitkan dan butuh biaya juga. Saran sih diedukasi aja para seniman tato yg di Bali soal penempatan gambar tato dewa," tambah @dayaaa_love. 

"Cuma saran lebih baik lagi n elok seniman tato ( made in ) mana tuh? di edukasi juga takut seniman lokal ,jangan asal trima Job apalagi bule2 ngak jelas .xixixi mohon maaf mbok sayang ikut nimbrung GBU semesta menyertai Mbok selalu Amin," ujar @gustgiyatri. 

Sayangnya, unggahan foto di akun @jullisoul kini telah dihapus. Sebelum dihapus, akun tersebut menuliskan bahwa ia adalah fotografer dan pengusaha salon kecantikan di Bali. 

Hal ini pun tidak luput dari perhatian warganet. "Barusan aku komen, itu hair salon ada ijin ga.. gampang bener bikin kuku palsu dari rusia anak anak bali lebih bagus pun bikinnya," tulis @gunawannr. 

"Kalau nggak ada ijin, artinya nggak bayar pajak ke negara dong... kasihan yg pengusaha lokal modal pas-pasan yg tetap bayar pajak, sementara ada orang asing yg seenak udelnya dtng, bawa duit, buka usaha walaupun mempekerjakan warga lokal, tapikan upahnya juga ikutan standar lokal. Trus mrk nggak bayar pajak yg seharusnya untuk WNA yg buka usaha di Indonesia yg sdh ditetapkan pemerintah," ujar @sulistyowati. 

Diketahui, bule Rusia itu memang kerap memamerkan foto seksi di akun Instagramnya. Kini, setelah viral akun Instagram @jullisoul sudah tidak lagi bisa ditemukan.  Entah dihapus atau hanya deactive sementara. 

Seperti diketahui, wujud Ganesha sendiri merupakan sosok dewa suci yang melambangkan ilmu pengetahuan.  Dewa Ganesha atau sering juga disebut dengan Ganapati atau Winayaka ini adalah dewa yang perwujudannya campuran antara hewan gajah dan manusia. Ganesha adalah dewa yang memiliki kepala gajah dan bertubuh manusia.

Biasanya, patung Dewa Ganesha kerap ditemui di pura tempat ibadah agama Hindu atau di rumah-rumah umat Hindu. Sebab, j patung Ganesha ini layaknya sanggah bagi umat Hindu. 

Jika sudah didirikan, maka harus diupacarai dan juga diberikan sesajen atau dipuja  setiap hari layaknya sanggah yang kita punya di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
patung GaneshaTato GaneshaNania IdolKejadian Viral

Berita Lainnya

Berita

Terbaru