Nama-nama Sekolah Dasar yang Tak Lazim, Ada SD Setan hingga Siluman

May 21, 2022 10:57
Nama-nama Sekolah Dasar yang Tak Lazim (Foto: Screenshot)
Nama-nama Sekolah Dasar yang Tak Lazim (Foto: Screenshot)

JATIMTIMES - Sekolah dasar (SD) adalah salah satu jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. SD ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. 

Hampir setiap desa atau kelurahan tentu memiliki sekolah dasarnya sendiri. Jika sekolah tersebut negeri, maka namanya akan diambil dari daerah tersebut. 

Nama daerah yang unik dan lucu akan membuat nama sekolahnya juga demikian. Seperti halnya nama 12 SD negeri berikut yang memiliki nama tak lazim berasal dari desa mereka. 

Bahkan, ada nama-nama SD yang terbilang jorok hingga tak masuk diakal. Berikut rangkumannya dari unggahan akun TikTok @nanang.s.supriatna:

1. SDN Jorok di Sumbawa

SDN Jorok Tiram berlokasi di Dusun Jorok Tiram, Desa Batu Putih, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Mungkin bagi sebagian orang nama SD Jorok ini terdengar aneh. Pasalnya, dalam kamus KBBI jorok sendiri diartikan sebagai kotor, cemar hingga cabul. 

2. SD Negeri 1 Mengangkang di Banyumas

Nama SD ke-2 yang tak lazim adalah SD Negeri 1 Mengangkang. SD 1 Mengangkang ini berlokasi JL. Desa Somakaton, Rt. 3 RW. 2, Mengangkang, Somakaton, Somagede, Glempang, Somakaton, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Aneh bukan jika nama sekolah dasar menggunakan nama tersebut. Pasalnya, mengangkang sendiri jika dalam bahasa sehari-hari adalah posisi berdiri (duduk, tidur, berjalan) dengan kaki terbuka lebar.

Sehingga kurang baik jika seseorang berdiri atau duduk dengan posisi mengangkang. Contoh kalimat: Duduklah yang baik, jangan mengangkang seperti itu.

3. SD Negeri Bokong di Sleman

Selanjutnya, ada SD Negeri Bokong di Sleman. SD ini tepatnya berlokasi di Jl. Sonoharjo, Totolon, Margokaton, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Bokong sendiri merupakan salah satu bagian tubuh manusia, atau yang juga disebut sebagai pantat. 

4. SD Negeri Daleman 01 di Sukoharjo

SD ke-4 yang memiliki mama unik dan membuat terheran-heran adalah SD Negeri Daleman 01 di Sukoharjo. SD ini tepatnya beralamatkan di Jalan Patoman No.RT 03/RW IV, Daleman, Nguter, Dusun II, Daleman, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dalam kehidupan sehari-hari daleman biasanya identik dengan celana dalam, bra dan lainnya yang termasuk pakaian dalam. Namun jika dalam kamus KBBI, dalaman sendiri semua yang ada dalam perut atau bagian perut (seperti babat, usus, paru-paru, hati); jeroan.

5. SDN Kolor II di Sumenep

Ada pula SD bernama Kolor II yang berada di Sumenep. SDN Kolor II ini berlokasi di Jl. Trunojoyo No.210, Labangseng, Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Ya, kolor sendiri biasanya digunakan oleh para pria. Kolor biasanya juga disebut dengan celana pendek dengan tali dibagian pinggang yang bisa ditarik. 

6. SD Negeri 3 Kebocoran di Banyumas

Selanjutnya, ada SD Negeri 3 Kebocoran yang berada di Banyumas. SD ini berlokasi di Dusun II, Kebocoran, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Kebocoran berasal dari kata dasar bocor. Dalam kamus KBBI, bocor berarti berlubang sehingga air (udara) dapat keluar atau masuk.

7. SDN Bencongan I & II di Tangerang

Yang lebih lucu lagi, ada SD yang bernama Bencongan. SD tersebut adalah SDN Bencongan 1 & II yang berlokasi di JL. KP. Dadap RT/03/03/ Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang. 

Bencongan berasal dari kata dasar bencong. Bencong sendiri merupakan sebutan bagi para pria yang menjadi wanita atau dalam kampus KBBI disebut sebagai banci. 

Namun sebutan itu bersifat negatif atau kasar. Mereka juga biasanya disebut sebagai waria (wanita pria) atau transgender. 

8. SDN 2 Siluman di Tasikmalaya

Kemudian ada pula SDN 2 Siluman di Tasikmalaya. SDN 2 Siluman ini berlokasi di JL Rajawali, Gunung Kialir, Kelurahan Setiajaya, kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya. 

Dalam kamus KBBI, siluman diartikan sebagai makhluk halus yang sering menampakkan diri sebagai manusia atau binatang. 

9. SDN Nglindur di Gunung Kidul

SDN Nglindur berada di daerah Gunung Kidul. SDN Nglindur ini tepatnya berlokasi di Ngepoh, Nglindur Wetan, Nglindur, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Dalam sehari-hari, nglindur atau ngelindur adalah kata lain dari mengigau. Hal tersebut biasanya terjadi pada orang yang sedang tidur termasuk salah satu masalah tidur yang dikenal dengan nama somniloquy atau sleep talking. Biasanya, orang yang mengalaminya tidak akan sadar bahwa ia meracau saat tidur, pun tak mengingatnya ketika terbangun keesokan hari.

10. SD Negeri Setan di Magelang

Di Magelang ada sebuah SD yang namanya cukup mengerikan, yakni SD Negeri Setan. SD Negeri Setan ini berlokasi di JL. H. Umar Baihaqi, 1 C, Jalan Candiretno Secang, Magelang. 

Mendengar nama SD Negeri Setan ini beberapa orang mungkin merasa seram. Pasalnya, setan sendiri merupakan makhluk halus atau roh jahat yang kerap menggoda manusia agar berbuat jahat. 

11. SDN UPT Anjir Pulang Pisau

Dilansir melalui data kemendikbud, SDN UPT Anjir Pulau Pisang ini berada di Hanyang Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kab. Pulau Pisang, Kalimatan Tengah. 

Mendengar kata anjir, dibenak kita tentu sangat kasar. Biasanya, anjir digunakan sebagai kata umpatan. 

Namun, dalam KBBI anjir memiliki arti sebagai saluran air, kanal, pohon dan tidak didapati makna yang terkesan buruk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sd setansd setannama sd unikpenghargaan anri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru