3 Biji-bijian Favorit Nabi Muhammad SAW Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan

May 20, 2022 12:43
Habbatussauda (Foto: La Belle Adresse)
Habbatussauda (Foto: La Belle Adresse)

JATIMTIMES - Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan hal-hal baik dan sudah sepatutnya kita contoh. Salah satunya, Nabi Muhammad SAW selalu menerapkan pola makan yang sehat. 

Beliau selalu mengonsumsi makanan kaya nutrisi termasuk 3 biji-bijian yang menyehatkan ini. Soal pola makan, Nabi Muhammad SAW dikenal sangat sederhana. 
Beliau hanya mengonsumsi makanan sederhana, yang mudah ditemukan dan kaya nutrisi. Mulai dari buah, sayur dan biji-bijian atau kacang-kacangan. 

Ada beberapa makanan favorit Nabi Muhammad SAW yang terbuat dari biji atau kacang-kacangan. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaatnya dari makanan favorit Rasulullah ini bahkan terbukti secara ilmiah. Berikut 3 makanan favorit Nabi Muhammad SAW dari biji dan kacang-kacangan:

1. Habbatussauda

Habbatussauda adalah salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Habbatussauda merupakan rempah berupa biji jintan warna hitam yang punya banyak khasiat kesehatan.

"Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian," HR Abu Hurairah r.a.

Habbatussauda bisa mengobati hipertensi dan kolesterol tinggi. Hal ini juga pernah dibuktikan dalam penelitian. 

Selain itu, biji-bijian ini kaya akan zat antioksidan.

2. Barley

Nabi Muhammad SAW juga menyukai makan barley atau yang lebih dikenal dengan jali-jali. Jali-jali adalah sejenis biji-bijian dari keluarga serealia.

Biasanya Nabi mengonsumsi olahan barley seperti sereal, salad, teh hingga jadi pengganti nasi. Anjuran makan barley  juga pernah disebut dalam hadis.

Secara ilmiah, barley dibuktikan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Barley memiliki sifat prebiotik hingga membantu meredakan peradangan.

3. Tharid

Selain itu, Nabi Muhammad SAW pernah menyebut bahwa dirinya suka mengonsumsi tharid. Tharid merupakan masakan kaldu dengan bahan utama berupa kacang.

Jenis kacang yang digunakan adalah chickpea atau dalam bahasa Arab dikenal dengan Himmis. Hal ini pernah disebutkan dalam sebuah hadis shahih al-Bukhari.

"Sama seperti tharid yang lebih sedap ketimbang semua jenis masakan, begitu pula Fatimah yang lebih hebat dibandingkan semua perempuan,".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
makanan favorit nabi muhammadMenang gugatanNabi Muhammad SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru