Tanah Tiba-Tiba Ambles, Sisakan Lubang Mirip Danau Kecil

May 19, 2022 14:38
Kondisi tanah yang ambles di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban (19/5/2022) .(Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Kondisi tanah yang ambles di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban (19/5/2022) .(Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

TUBANTIMES- Warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,  dikejutkan adanya fenomena tanah pekarangan milik warga yang ambles sehingga  menyerupai  danau kecil. 

Kejadian amblesnya tanah tepatnya berada di Dusun Dermo, Desa Tasikharjo, pada Kamis pagi (19/5/2022) pukul 09.00 WIB. Yang pertama tahu amblesnya tanah itu adalah seorang pengembala hewan ternak setempat. 

Informasi yang dihimpun, tanah ambles menjadi danau kecil tersebut milik Sutomo, warga Desa Remen. Kini tanah ambles itu  menyisakan lubang berdiameter 30 meter berkedalaman air 1,5 meter.

Saksi mata pengembala sapi bernama Rasi, warga Tasikharjo, menyebutkan bahwa dirinya mengetahui fenomena itu di kala mau berangkat mengembala sapi di area lahan yang ambles. Menurut Rasi, biasanya di lokasi banyak tumbuh rerumputan dan semak-semak tanaman hijau untuk pakan sapi. Namun, dirinya terkejut saat melihat area lahan tersebut berubah menjadi lubang besar  seperti danau kecil. 

"Kok aneh tiba di sini, tanah ambles berkubang dan digenangi air. Padahal kondisi tanah ini tempat sapi mencari makan dan tanahnya datar tidak berlubang," ucap Rasi.

Melihat kejadian itu, Rasi melaporkan kepada perangkat Desa Tasikharjo untuk ditindaklanjuti dilaporkan kepada Forkopimka Kecamatan Jenu. 

"Kami sudah datangi lokasi untuk pengecekandan tindak lanjut kepada Pemkab Tuban,"ungkap Kapolsek Jenu AKP Gunawan Wibisono kepada wartawan.

Selain itu, upaya yang  dilakukan Polsek Jenu adalah memasang police line demi mencegah warga datang dan berkerumun untuk melihat fenomena tanah ambles tersebut. Sebab, dikhawatirkan kondisi struktur tanah di sekitar lokasi bergerak serta membahayakan keselamatan warga yang akan melihat. 

"Kami lakukan antisipasi di area TKP agar tidak didatangi warga sekitar dengan memasang police line mengingat kondisi tanah gerak," imbuhnya. 

Kapolsek AKP Gunawan menambahkan, Lokasi kejadian amblesnya tanah tersebut berdekatan dengan laut. Sehingga dimungkinkan adanya struktur tanah di bagian bawah terdapat gua - gua yang akhirnya tidak bisa menahan tanah sehingga ambles.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Tanah AmblesArema v PSISBerita TubanFenomena Alam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru