Ini Orang yang Pertama Kali Kenalkan Podcast di Indonesia, Ternyata Seorang Komika

May 13, 2022 14:10
Adriano Qalbi (Foto: Instagram)
Adriano Qalbi (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Podcast "Close The Door" milik pembawa acara Deddy Corbuzier belakangan menuai sorotan usai mengundang narasumber pasangan LGBT. Meski tenar dengan podcast di YouTube-nya, orang pertama yang mengenalkan podcast di Indonesia bukanlah Deddy Corbuzier.

Sering dianggap "Bapak Podcast Indonesia", Deddy nyatanya bukan orang pertama yang mengenalkan konsep podcast di Tanah Air. Lantas siapa sebenarnya sosok di balik munculnya konten podcast di Indonesia? 

Ya, pria bernama Adriano Qalbi merupakan orang yang memelopori pertama podcast di Indonesia. Adriano Qalbi sebelumnya dikenal sebagai komika. 

Diketahui, Adriano bergabung dengan MLI (Majelis Lucu Indonesia) dan memang sering tampil dikonten YouTube MLI. Sosok Adriano Qalbi yang tak banyak diketahui orang menjadi perbincangan setelah akun Instagram @majelislucuindonesia me-repost postingan akun Instagram @indozone.id. 
Dalam postingan itu disebutkan bahwa Adriano merupakan sosok yang pertama mengenalkan podcast di Indonesia. 

"Akhirnya @adrianoqalbi kebanggaan kami terpilih dalam rubrik #kamuharustahu. Terima kasih @indozone.id, kami terharu :") #majelislucu #majelislucuindonesia #seputarkomedi #indozone #adrianoqalbi," tulis akun @majelislucuindonesia pada Kamis (12/5/2022). 

Siapa sebenarnya Adriano Qalbi?

Awalnya Adriano Qalbi berprofesi sebagai copywriter dan creative director di sebuah agensi periklanan yang dituntut untuk memulai berkarya sendiri. 

"Gua memulai karir gua sebagai penulis iklan dari 2005, lalu coba stand up tahun 2011 dan masih terus di agensi sampe tahun 2017," ungkap Adriano. 

Ia lali mulai karier sebagai komika hingga tampil di acara radio dan TV. Namun karena kontrak untuk tampil di acara radio dan TV sudah habis, Adriano harus memutar otak untuk mempertahankan penonton yang yang datang ke acara stand up comedy-nya.

Dari situ ia berencana membuat konten yang diurus sendiri hingga pada akhirnya muncul podcast yang berjudul "Podcast Awal Minggu". Dalam podcast itu, Adriano membahas terkait isu dan situasi di Indonesia yang kemudian diunggah di situs Soundcloud. 

Ia kemudian bergabung dengan MLI (Majelis Lucu Indonesia) pada 2018. Ia pun kerap tampil konten YouTube MLI.

Sementara warganet heboh menanggapi sosok Adriano Qalbi yang terungkap adalah sosok pertama mengenalkan podcast di Indonesia. Mereka turut takjub dan salut pada Adriano Qalbi.

"Pencapaian yang patut diapresiasi," sambung akun @xyght.

"Gua menyebutnya bapak podcast indonesia," kata akun @bahru. 

"Langsung disandingin sama deddy corbuzier prestasi tertinggi sih," ujar akun @tugabus. 

"Akhirnya ada yang notice juga bapak podcast Indonesia," seru akun @muham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Deddy CorbuzierAdriano Qalbihardiknas 2022

Berita Lainnya

Berita

Terbaru