3 Manfaat Konsumsi Bawang Merah, Putih, dan Bawang Bombai untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

May 07, 2022 08:38
Bawang (Foto: e.nutrition - Homepage)
Bawang (Foto: e.nutrition - Homepage)

JATIMTIMES - Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai adalah bagian dari bumbu dapur yang wajib dimiliki. Ketiganya punya peran penting dalam melezatkan beragam masakan.

Namun, menurut dokter sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar, ada khasiat luar biasa di balik bawang merah, putih dan bombai ini bagi kesehatan.  Zaidul Akbar mengatakan bawang-bawangan ini ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Namun sayang, khasiat bawang untuk mencegah pertumbuhan sel kanker jarang disadari banyak orang. Padahal, selain ampuh cegah pertumbuhan sel kanker, ada beragam khasiat lainnya dari sebutir bawang merah, bawang putih maupun bawang bombai.

Dilansir melalui akun Instagram @zaidulakbar, setidaknya ada 3 manfaat sebutir bawang sebagai berikut:

1. Mengatasi Kebotakan

Bawang bombai ternyata dipercaya bisa mengatasi masalah rambut rontok. Seperti diketahui, bawang bombai mengandung beragam nutrisi, mulai dari vitamin, mineral hingga antioksidan.

Tak hanya mampu mengatasi rambut rontok, bawang bombai juga bisa mengatasi kebotakan dan menumbuhkan rambut. "Bisa juga menumbuhkan rambut," ujar Zaidul Akbar. 

Caranya mudah. Gakni cukup blender bawang bombai lalu oleskan pada kulit rambut. Lakukan tips ini selama 14 hari.

2. Melancarkan Peredaran Darah

 Zaidul Akbar mengatakan, bawang ternyata mampu melancarkan peredaran darah. "Semua jenis bawang punya efek mengencerkan darah," ujarnya.

Jadi, bagi mereka yang punya keluhan darah kental, Zaidul menyarankan agar bawang dikonsumsi setiap hari.

3. Anti-Kanker

Bawang memiliki zat anti-kanker yang akan sangat berguna jika dikonsumsi setiap hari. "Bawang-bawangan merupakan salah satu jenis ciptaan Allah yang punya segudang manfaat, mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, juga anti kanker," terang Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, Zaidul menyarankan agar semua jenis bawang bisa dikonsumsi setiap hari dan selalu dijadikan bumbu tambahan bagi setiap masakan.

"Paling mudah ya dibuat lauk gitu. Nanti kuahnya sekalian diminum dan dimakan bawang-bawang tersebut," pungkas Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Khasiat bawangdokter zaidul akbarFelix Siauw

Berita Lainnya

Berita

Terbaru