Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Danau Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia yang Tak Boleh Disentuh

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

03 - May - 2022, 15:15

Tampak Danau Hillier yang terletak di Australia. (Foto: Istimewa)
Tampak Danau Hillier yang terletak di Australia. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Berbicara danau, pasti kebanyakan yang terlintas dibenak sebagian orang adalah warna air kehijauan atau kebiruan dengan didukung pemandangan alam yang indah.

Namun, hal berbeda ditunjukkan dari salah satu destinasi wisata dengan keindahan danau di negara Australia. Sebuah danau yang bernama Danau Hillier ini sangat memikat dan membuat kagum masyarakat.

Hal itu dikarenakan warna pada air danau yang berwarna merah muda atau pink membuat lokasi yang cocok untuk digunakan berswafoto sendiri ataupun bersama orang terkasih. 

Danau Hillier berada di Middle Island, sebuah pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Recherche yang terletak di pesisir selatan, Australia Barat. Danau ini ditemukan pertama kali pada Januari 1802, oleh Matthew Flinders yang merupakan seorang navigator Inggris. 

Dia pula yang memberi nama danau ini dengan nama Hillier. Terinspirasi dari nama seorang kru bernama William Hiller yang meninggal dunia karena disentri ketika berlabuh di pulau ini.

Dilansir dari ABC News, warna pink cerah di danau garam itu disebabkan oleh fenomena alam. Warna air berubah ketika kadar garam menjadi lebih tinggi dari biasanya.
Selain itu, suhu yang tinggi, sinar matahari, dan kurangnya curah hujan turut berkontribusi pada perubahan warna air danau.

Dalam kondisi inilah ganggang yang tumbuh di kerak garam danau menghasilkan pigmen merah, yang disebut beta karoten, sebagai bagian dari proses fotosintesis mereka. Meski ganggang tidak berbahaya bagi satwa liar di daerah sekitar danau, namun otoritas memperingatkan agar pengunjung tidak bersentuhan dengan airnya.

Larangan itu untuk melindungi vegetasi di sekitar danau sehingga pengunjung harus mematuhi semua peringatan. Selain itu, air yang sangat asin dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Danau Hillier di Australia Barat juga berubah menjadi merah muda selama musim panas akibat dari ganggang.

Untuk diketahui, meski terlihat segar bagaikan susu strawberry, air danau warna pink yang berukuran 600 x 250 meter persegi ini tidak dapat diminum atau dibuat berenang. Artinya jika wisatawan ingin berkunjung, cukup bisa menikmati suasana keindahan alam dan mengabadikan melalui gadget atau kamera profesional.


Topik

Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy