Menu Buka dan Sahur

Resep Dessert Sahur Ala Chef Arnold, Aci Ngambay Renyah dan Lezat

Apr 23, 2022 10:37
Cibay (Aci Ngambay) ala Chef Arnold (foto : youtube.com/ArnoldPoernomo)
Cibay (Aci Ngambay) ala Chef Arnold (foto : youtube.com/ArnoldPoernomo)

JATIMTIMES- Layaknya takjil, Makanan penutup sahur seolah menjadi menu wajib dalam keluarga. Pasalnya, seolah ada yang tidak lengkap jika belum menyantap makanan penutup sahur tersebut. Kali ini kami akan mengulas makanan penutup buatan Chef Arnold yang dapat anda jadikan rekomendasi.

Nama Chef Arnold seolah menjadi target pencarian tat kala para ibu-ibu ingin mencari variasi menu makan sahur maupun berbuka. Kali ini Chef Arnold akan menjelaskan tutorial membuat Aci Ngambay bersama salah satu mantan kontestan Master Chef Indonesia. Tutorial ini juga dapat anda simak di Kanal Youtube pribadi Chef Arnold.

Aci ngambay atau lebih sering disebut cibay merupakan jajanan khas dari Jawa Barat. Sama seperti kebanyakan jajanan Jawa Barat, hidangan ini berbahan dasar tepung aci atau tepung tapioka. Dalam Bahasa Sunda ngambay berarti berjuntai. Hal ini menggambarkan aci yang digoreng dan tampak seperti berjuntai karena meleleh.

Tepung tapioka yang merupakan bahan dasar dadi Cibay ini adalah tepung yang terbuat dari singkong, maka dari itu kadang orang lebih mengenalnya sebagai tepung singkong atau tepung kanji. Tepung ini mengandung banyak sekali karbohidrat dan sedikit protein, serat, atau zat gizi lainnya. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan hidangan penutup saat sahur. Simak ulasannya berikut ini!

Bahan-bahan :

 

  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 500 ml air kulit lumpia
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan lada
  • 1 sendok makan penyedap daun bawag secukupnya kornet secukupnya cabai bubuk secukupnya (opsional kalau suka pedas)

 

Cara membuat aci ngambay:

  • Campurkan air dengan tepung tapioka di teflon anti lengket. Aduk sampai rata. Proses ini dilakukan tanpa menyalakan api kompor.
  • Masukkan daun bawang dan kornet secukupnya sesuai selera. Aduk lagi sampai rata.
  • Nyalakan api kompor dengan ukuran kecil. Aduk terus adonan, karena akan menggumpal dengan sangat cepat. Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue
  • Jika adonan aci sudah tampak bening, berarti sudah matang. Matikan kompor. Pindahkan ke wadah lain. Campurkan bubuk cabai jika sudah pedas. Diamkan 5-10 menit agar tidak terlalu panas.
  • Bungkus adonan aci dengan kulit lumpia. Bungkus dengan lipatan bentuk amplop seperti martabak telur agar tidak bocor ketika digoreng.
  • Goreng aci ngambay di minyak panas. Setelah warna menjadi kecoklatan tiriskan dan potong menjadi dua bagian. Akan sangat nikmat jika anda cocoknya dengan saus pedas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
aci ngambaykasus lelangpasar murah jember

Berita Lainnya

Berita

Terbaru