UM Raih Peringkat Tertinggi Nasional dalam Institutions Rangkings 2022

Apr 22, 2022 14:16
Universitas Negeri Malang (foto : Nila Maulida)
Universitas Negeri Malang (foto : Nila Maulida)

JATIMTIMES - Universitas Negeri Malang berhasil meraih gelar peringkat tertinggi dari berbagai subjek. Hal ini telah dirilis oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi (SIR). Salah satu subjek pemeringkatan dalam hal ini adalah bidang pendidikan.

Gelar yang diraih UM tersebut menjadi bukti bahwa upaya yang dilakukan secara konsisten oleh PTN tersebut sebagai wadah terbaik dalam menempuh pendidikan. Upaya yang diterapkan UM selama ini untuk mendapatkan posisi tersebut dalam pemeringkatan nasional dan internasional menjadi dampak positif yang cukup signifikan.

Hal tersebut dibuktikan dengan bertambahnya jumlah publikasi ilmiah terindeks oleh Scopus maupun pengindek yang memiliki reputasi secara global. Kendati demikian, salah satu kampus terbaik di Kota Malang tersebut mengaku bahwa sebelumnya tidak mempersiapkan apapun untuk penilaian SIR pada tahun 2022.

Namun komitmem UM dalam meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan riset dan menghasilkan inovasi yang berdampak bagi masyarakat luas, meningkatkan jumlah publikasi ilmiah melalui jurnal atau forum bereputasi global, serta meningkatkan visibilitas institusi di dunia digital terutama di internet terus dilakukan dengan konsisten sehingga hal tersebut berdampak pada penilaian SIR 2022.

Selanjutnya, Universitas Negeri Malang akan berkomitmen dengan senantiasa berusaha meningkatkan pencapaian dalam pemeringkatan SIR ini untuk tahun-tahun yang akan datang. Salah  satunya adalah dengan mengintegrasikan indikator-indikator SIR ke dalam rencana strategis jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Utomo Pujianto Kepala Subdit Pemeringkatan UM menanggapi fenomena membanggakan tersebut. Meski telah mendapatkan predikat dari SIR UM tidak akan serta merta berpuas hati lalu beristirahat dengan kebanggaan. Bagi Universitas Negeri Malang Masih banyak hal yang harus dijadikan prestasi dan membanggakan.

“Mudah-mudahan UM semakin dikenal oleh dunia sebagai salah satu perguruan tinggi yang bereputasi, dan salah satunya tercermin dalam bentuk posisi peringkat yang semakin tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Utomo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas Negeri Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru