Kenalkan Reboisasi pada Siswa SD dengan Menanam Bersama

Apr 21, 2022 14:07

JATIMTIMES - Terletak di jantung Kota Malang SD Kristen Aletheia Malang memiliki segudang prestasi. Potensi dari berbagai sektor ini memiliki daya tarik tersendiri contohnya kegiatan menanam bersama dengan siswa yang bertujuan untuk melatih kesadran anak akan lingkungan disekitarnya.

Yefta Elia yuda bersama tim PMBP IKIP BUDI UTOMO melakukan kegiatan observasi melalui PPK dan PMBP dengan memaparkan konsep yang diusungnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 bulan. 

“Kami membawa ide berupa konsep Edu-Park yang mana konsep ini menggabungkan antara keindahan alam, pendidikan dan Kesehatan,”. Lebih lanjut lagi, Edu-Park ini menawarkan pengalaman menanam tanaman obat dan tanaman hias pada lahan sekolah. Ditambahkan dengan pengalaman belajar terkait kegiatan tersebut. Pengalaman itu meliputi Menamai TOGA, membuat media tanam, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, bersamaan dengan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini, tim ingin melaksanakan salah satu kegiatan yaitu menanam bersama siswa dan guru. Dengan harapan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekolah. 

Pemaparan konsep Edu-Park  kali ini diikuti oleh Guru yang sekaligus didampingi oleh Kepala Sekolah SD Kristen Aletheia Malang, Ibu Wiwik Heriyanti S.Th .Tentunya, pelaksanaannya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Konsep Edu-Park diharapkan dapat diimplementasikan dan mendapat dukungan dari berbagai pihak yang terlibat. Ketika konsep ini dapat dijalankan, terutama oleh sekolah dan lingkungan sekitarnya, maka sangat besar kemungkinan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sejuk dan terawat.

Kehadiran mahasiswa IKIP BUDI UTOMO  ini disambut baik oleh Kepala Sekolah, Bu Wiwik Heriyanti S.Th .Menurutnya, sinergi seperti ini dapat memberikan kontribusi dan percepatan pembangunan taman sekolah secara terstruktur.

Ia menyampaikan bahwa Semua warga sekolah SD Kristen Aletheia sangat terbuka untuk bekerjasama dalam hal sejenis ini, apalagi jika untuk kebaikan bersama. Konsep yang diberikan dinilai sangat baik dan rencananya akan tinjau lebih lanjut serta diko­munikasikan dengan beberapa pihak terkait. “Semoga nantinya konsep ini bisa dieksekusi dan menjadi gerakan baru dalam menmbah rang-ruang hijau,” 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
IKIP Budi Utomoperempuan terkaya di indonesiaruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru