Mitos Bisa Dapat Jodoh dengan Datang ke Coban Jodo

Apr 29, 2022 09:00
Wisata Coban Jodo.(Foto: Istimewa).
Wisata Coban Jodo.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang merupakan daerah yang memiliki luas wilayah terbesar kedua setelah Kabupaten Banyuwangi. Dengan kondisi tersebut, Kabupaten Malang juga memiliki kondisi geografis dan alam yang lengkap. Seperti dataran rendah berupa pantai, lembah, perbukitan hingga pegunungan. 

Hal itulah yang juga membuat Kabupaten Malang memiliki banyak potensi wisata berbasis alam. Mulai dari deretan pantai, danau, air terjun hingga wisata di kawasan pegunungan. Bahkan juga tidak sedikit tempat wisata yang ada, menyimpan cerita dan legendanya masing-masing. Salah satunya adalah Coban Jodo yang terletak di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung. 

Menurut kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa setempat, pembenahan dan pencarian jalan untuk menuju Coban Jodo mulai dilakukan sekitar 2017. Bahkan mungkin terbilang baru jika dibuka secara resmi sebagai tempat wisata. Kondisi alam di coban ini juga cenderung cukup terjaga. Dengan kejernihan air yang mengalir. 

"Sebelum dikelola belum ada jangkauan jalannya. Mulai dikelola oleh masyarakat atau Pokdarwis tahun 2018," ujar Ketua Pokdarwis Ngadirejo Wicahyo.

Coban yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Malang ini memiliki mitos bahwa orang yang datang ke coban ini, bisa terbantu untuk segera bertemu dengan jodohnya. 

Singkat cerita, asal muasal Coban Jodo ini berasal dari seseorang yang melarikan diri akibat dikejar-kejar para penjajah. Lalu ia bersembunyi di coban tersebut. 

Menurut Wiyoto, tak sedikit orang yang percaya dengan mitos yang sudah tersebar dari mulut ke mulut tersebut. Namun Wiyoto berpendapat bahwa sudah semestinya untuk memaknai hal tersebut tetap sebagai sebuah mitos. 

Coban jodo terdiri dua air terjun di sisi tebing utara dan timur.  Coban Jodo juga memiliki ibarat dua insan yang diciptakan berpasang-pasangan dan hidup harmonis dibuktikan dengan letaknya yang berdampingan.

Dalam perjalanan ke Coban Jodo pengunjung akan menemui banyak coban. Di antaranya Coban Kricik dinamai demikian karena debit airnya sangat kecil. Selain itu Coban Suko yang berada di tengah-tengah sungai. Setelah itu Coban Singo. Untuk menuju kesana dari arah Kota Malang sekitar 25 kilometer. 

"Tinggi coban jodo paling tonggi di antara coban sebelumnya. Yakni 10 meter," imbuh Wiyoto.

Saat ini Pokdarwis Desa Ngadirejo terus melakukan pengembangan dan promosi. Terutama perbaikan akses jalan masuk. Meski demikian tak mengurangi kesan petualangan menantang di sepanjang jalur wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Coban JodoPokdarwisbantuan pendanaan dan insentif kegiatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru