Berikut 4 Bacaan Zikir Singkat yang Punya Nilai Keutamaan Tinggi

Apr 29, 2022 12:40
Ilustrasi (Foto: NBC NEWS)
Ilustrasi (Foto: NBC NEWS)

JATIMTIMES - Zikir adalah salah satu bentuk ibadah yang mudah dilakukan. Bahkan zikir bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. 

Mengucap kalimat zikir menjadi cara kita untuk selalu mengingat Allah SWT dan segala keberkahan yang sudah diberikan. Berzikir juga jadi cara untuk memohon ampun atas kesalahan yang sudah diperbuat. 

Meski dengan kalimat pendek, zikir memberikan banyak keuntungan. Salah satunya ketenangan. Dengan hati yang tenang, tentu hidup akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Ada banyak jenis bacaan zikir yang bisa dilafalkan. Masing-masing punya arti dan keutamaannya sendiri. Ada beberapa zikir yang memiliki nilai keutamaan tinggi di hadapan Allah SWT.

Berikut 4 macam zikir singkat yang punya nilai keutamaan tinggi:

Dalam surat Al-Baqarah dijelaskan anjuran untuk berdzikir, Allah SWT berfirman: "Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu" (QS. Al-Baqarah [2]: 152).

Dalam berdzikir pula kalian bisa menambahkan beberapa bacaan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Allah SWT. Hal itu seperti dijelaskan dalam hadits nabi yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Samurah bin Jundub RA berkata: Rasulullah SAW bersabda, ‘Ucapan yang paling dicintai oleh Allah ada empat hal yaitu, subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. Keempat kalimat ini boleh dimulai sesuai yang ia kehendaki." (HR. Imam Muslim).

Keempat bacaan zikir di atas dijelaskan menjadi kalimat yang dicintai oleh Allah SWT. Menurut Imam Al-Munawi dalam Faidhul Qadir, empat bacaan zikir tersebut yaitu subhanallah, wal hamdulillah, wa la ilaha illallah, wallahu akbar. 

Bacaan dzikir itu menyimpan ajaran tauhid dan bentuk pujian dan ungkapan syukur kepada Allah SWT.

1. "Subhanallah"
Artinya: Maha Suci Allah
2. "Wal hamdulillah"
Artinya: Segala puji bagi Allah.
3. "Wa la ilaha illallah"
Artinya: Tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah.
4. "Allahu akbar"
Artinya: Allah Maha Besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Zikirbakwanamalan zikir

Berita Lainnya

Berita

Terbaru