Kisah Sahabat Rasulullah: Az-Zubair bin Al-'Awwam yang Kaya-raya, Rela Melepas Seluruh Harta di Jalan Allah

Apr 29, 2022 12:28
Ilustrasi (Foto: Fatih Inspira)
Ilustrasi (Foto: Fatih Inspira)

JATIMTIMES - Az-Zubair bin Al-Awwam dalah salah satu sahabat yang masih mempunyai pertalian darah atau masih berhubungan keluarga dengan Rasulullah Muhammad SAW. 

Menurut buku Ensiklopedia Sahabat oleh Ibnu Al Jauzi, nama asli Zubair  adalah Abdillah Az-Zubair bin Awwam bin Khuwalid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab.  Ibunya bernama Shafiyah binti Abdul Muthalib, yang merupakan bibi Rasulullah. 

Rasululllah sangat membanggakan sosok Az-Zubair ini.  Bahkan beliau bersabda, "Setiap nabi punya pengikut setia, dan pengikut setiaku adalah Az-Zubair bin Al-'Awwam." (HR.Bukhari Muslim dalam kitab Shahihain).

Az-Zubair termasuk ke dalam daftar 10 orang yang sudah dijamin masuk surga. Ia masuk Islam sejak usia 16 tahun, melalui ajakan Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Az-Zubair adalah seorang yang berbudi luhur dan berakhlak mulia yang dikenal sebagai orang yang sangat pemurah. Ia  berhasil mengurus urusan bisnis dengan cemerlang. 

Tak heran jika sosoknya dikenal memiliki kekayaan yang melimpah. Memiliki kekayaan, Zubair selalu meinginfakkan hartanya di jalan Allah. 

Ia disebut memiliki 1.000 macam kekayaan yang dikeluarkan untuk berperang dan tidak ada uang satu dirham pun yang masuk ke rumahnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Zubair membagi-bagikan uang setiap malam.

Barulah setelah itu, ia pulang ke rumah tanpa membawa uang sepeser pun. Artinya, harta yang dimiliki atau yang ia dapat disedekahkan seluruhnya.

Bahkan buku 'Road to Jannah' karya Robi Afrizan Saputra menuliskan Zubair membelanjakan semua hartanya di jalan Allah. Hal itu ia lakukan hingga wafat dalam keadaan terlilit utang.  Zubair pun sempat mewasiatkan kepada anaknya untuk membayarkan utangnya. 

Sementara ditulis pada buku bertajuk 'Kisah Penuh Hikmah: Para Sahabat Kesayangan Rasulullah' oleh Erna Fitrini, Az-Zubair adalah sosok pemuda yang berani.  Sejak kecil ia dikenal sebagai penunggang yang hebat. Ia juga memiliki ciri fisik tubuh tinggi, sehingga saat menaiki kuda kakinya terlihat menjulur ke tanah.

Zubair juga sering ikut berperang dengan Rasulullah. Selama berperang, ia selalu berjuang sepenuh tenaga. 

Terbukti, setiap pulang dari perang, Zubair menderita luka karena sabetan pedang. Teladan yang lain dan bisa dilihat dari Az-Zubair adalah dalam usia muda, ia tidak takut berperang dan membela agama Allah SWT. 

Az-Zubair bin Al-Awwam wafat pada Kamis bulan Jumadil Awal tahun 36 H/ 658 M. Ia meninggal di usia 58 tahun (riwayat lain juga ada yang menyebutkan 66/67 tahun). 

Ia meninggal karena terbunuh oleh Amru bin Jurmuz At-Tamimi dengan tipu muslihat. Kala itu Zubair telah meninggalkan Perang Jamal.

Zubair wafat tidak meninggalkan satu dinar atau dirham. Yang ia tinggalkan hanya aset berupa bidang tanah. 

Menurut shahih Bukhari, aset Zubair itu di antaranya ada di Ghabah (wilayah di barat laut Madinah, sekitar 6 km dari Madinah), 11 rumah (besar/dar) di Madinah, 2 rumah di Bashrah, dan 1 rumah masing-masing di Kufah dan di Mesir.

Dari aset itu, total kekayaan yang dimiliki Az-Zubair senilai 57.600.000 Dirham atau setara dengan Rp 3.543.724.800.000. 

Abdullah bin Zubair lantas ingin menjualnya untuk membayar utang-utang ayahnya. Namun, anak keturunan Zubair yang lain berkata, "Berikanlah hak waris untuk kami!".

Abdullah menjawab, "Demi Allah, aku tidak akan membagikanya kepada kalian, sampai aku mengumumkan kepada orang-orang sebanyak 4 kali, musim haji, siapa di antara mereka yang pernah diutangi Zubair."

Sebelumnya, Abdullah bin Zubair berkata, "Pada waktu Perang Jamal, Zubair berwasiat kepadaku mengenai utangnya. Dia berkata berkata "Jika engkau tidak sanggup membayar utang saya, maka mintalah tolong kepada Tuanku (Allah)".

Ia berkata lagi, "Aku sama sekali tidak khawatir dengan utangnya, sebab aku berdoa, 'Wahai Tuhanya Zubair, bayarkanlah utang-utangnya'". Ternyata Allah benar-benar membayar lunas semua utang Zubair.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kisah Sahabat RasulullahZubair bin AwwamKisah teladancerita islami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru